Di Bukittinggi, Konser Puisi Musik 2 akan Meriahkan Malam Pergantian Tahun

228
Pinto Janir (Ist.)

JURNAL SUMBAR | Padang – Mewarnai pergantian tahun di Kota Wisata Bukittinggi dan untuk menutup kegiatan sastra di akhir tahun 2017, manajemen Lapau Kito – UNP Residence Bukittinggi akan menggelar acara ‘Konser Puisi Musik 2 bersama Raja Penyair Pinto Janir dan Pengunjung’.

Acara ini akan dilaksanakan pada hari Minggu 31/12/2017 mulai jam 20.00 WIB di Evo Garden – Hotel UNP Residence, Jalan Kehakiman, Belakang Balok, Kota Bukittinggi.

“Kita tahu, Pinto Janir adalah penyair unik dan tipikal seniman multitalenta. Ia adalah pembawa ruh baru dalam dunia perpuisian di Indonesia. Ia mendobrak panggung puisi dengan menggabungkan unsur puisi dan musik. Tapi, bukan musikalisasi puisi. Pinto adalah penyair eskpresif yang lahir dari Minangkabau. Baik puisi maupun aksi tampil baca puisinya adalah sesuatu yang unik. Musik dan puisinya menyatu dalam mat, ritme dan suasana yang kental dalam teaterikal,” kata Santi Martin, General Manager UNP Residence, ketika diwawancarai, Minggu 24/12/2017.

Santi juga mengatakan bahwa Pinto Janir adalah penyair yang romantik dan memiliki rasa musikal yang tajam, baik dalam puisi maupun dalam pembacaan. Ia, penyair garang yang mengingatkan kita pada sosok Chairil Anwar. Bahkan, sekiranya Chairil masih hidup, saya bermimpi mempertemukan mereka dalam satu panggung.

“Acara ini dimaksudkan untuk menyemarakkan dunia sastra di Minangkabau. Apalagi, Bukittinggi dan Minangkabau adalah nagari yang melahirkan sejumlah sastrawan dan penyair terkenal seperti Chairil Anwar, Taufik Ismail, Motinggo Busye, Nasrul Siddik dan lain sebagainya. Minangkabau adalah negeri yang pernah berjaya dalam pentas kesusasteraan nusantara. Kita jemput kembali kejayaan sastra untuk negeri ini,” tambah Santi, yang juga dikenal sebagai penyanyi Minang.

Santi yang juga adalah pegiat sastra dan penyair serta praktisi pariwisata juga menginformasikan bahwa kegiatan ini juga akan diramaikan dengan agenda ‘Dialog Sastra Sampai Pagi’ bersama Muhammad Fadhli (pegiat sastra/penyair/¬wartawan), Ardian Tedjakusuma (pegiat seni), dan Santi Martin (seniman).

“Uniknya, peserta boleh pasang tenda dan berkemah di areal yang sudah disediakan. Areal kemah kita bagi dua, yakni areal untuk putri dan untuk putra. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi 081363037165,” kata Santi di akhir wawancara. (Dilaporkan oleh MUHAMMAD FADHLI)