Dibantu Burmalis Ilyas, Dino Patti Djalal Pimpin Yayasan Minang Diaspora

1329
Dino Patti Djalal dan Burmalis Ilyas didampingi Prof. Emil Salim dan tokoh Minang lainnya di rapat pendirian Yayasan Minang Diaspora Network Global di Jakarta, 28 Desember 2017. Ist.

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Yayasan Jaringan Perantau (Diaspora) Minang Dunia atau Minang Diaspora Network Global (MDNG) terbentuk. Pendiri dan perumus Yayasan MDNG yang rapat di kantor Yayasan Diaspora Indonesia di Mayapada Tower tanggal 28 Desember 2017, menunjuk Dr. Dino Patti Djalal (Wakil Menteri Luar Negeri era Presiden SBY) jadi Ketua Umum, dan dibantu Burmalis Ilyas (Pengusaha dan Tokoh Muda Minang) sebagai Direktur Eksekutif.

Selanjutnya, Dino Patti Djalal dibantu Dr. Yuliandre Darwis (Ketua Komisi Penyiaran RI) sebagai Sekretaris Jendral, dan Dr. Ivan Rizal Sini (Owner Rumah Sakit Bunda) sebagai Bendahara Umum.

Suasana rapat pendirian yayasan MDNG. Ist.

Di atasnya, Yayasan MDNG ini ditopang oleh tokoh-tokoh hebat Minang. Prof. Dr. Emil Salim (Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup era Presiden Suharto) sebagai Ketua Dewan Pembina, Dr. Tan Sri Rais Yatim (Menteri Luar Negeri, Menteri Penerangan Kerajaan Malaysia sejak tahun 1974 sampai sekarang, dan sekarang sebagai Penasehat Perdana Menteri Malaysia di Bidang Sosial Budaya, setingkat Menteri) sebagai Ketua Dewan Penasehat.

Suasana rapat pendirian yayasan MDNG. Ist.

“Bapak Dr. Arcandra Tahar, Wakil Menteri ESDM RI sebagai Ketua Dewan Pengawas,” sebut Direktur Eksekutif Yayasan MDNG, Burmalis Ilyas via ponselnya, Sabtu siang (30/12-2017). “Bapak Dr. Rizal Ramli, mantan Menko Perekonomian juga memperkuat sebagai Ketua Dewan Pakar,” tambahnya.

“Yayasan Minang Diaspora ini ditujukan sebagai jembatan penghubung antara Diaspora Minang dalam dan luar negeri dengan masyarakat dan Pemprov Sumbar di Ranah Minang,” ujar Burmalis.

Dikatakan Burmalis, Yayasan MDNG berkantor di Jalan Dempo I No. 36 Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. “Perantau Minang bisa kontak denga pengelola yayasan di telpon 021-7201634 atau melalui web www.minangdiaspora.org,” jelasnya. “Semua tokoh-tokoh hebat Minang di seluruh dunia kita ajak bergabung untuk sama-sama berkontribusi positif membangun kampung halaman,” tegasnya.

Suasana rapat pendirian yayasan MDNG. Ist.

Ditambahkan Burmalis, seperti dikatakan Prof. Dr. Emil Salim dalam rapat Tim Perumus Minang Diaspora Network Global tentang pentingnya jaringan perantau Minang global ini, masyarakat Minang punya bakat entrepreneurship yang tinggi dan ulet serta adaptif terhadap lingkungan di mana mereka berada. “Kata pak Emil, orang Minang yang sudah sukses hendaknya mewariskan suksesnya ke anak cucu dan keturunan mereka,” ujarnya.

“Yayaran MDNG akan mendorong munculnya tokoh-tokoh muda Minang pebisnis yang besar, dan nantinya bisa menggantikan pak Hasyim Ning, Rahman Tamin, Johan Johor dan pengusaha hebat Minang lainnya,” tegas Burmalis.

Poto bersama usai rapat. Ist.

Ditegaskan Burmalis, Yayasan Minang Diaspora Network Global didirikan juga untuk menampung dana atau donasi guna kelancaran kegiatan sebagaimana yang dilakukan oleh Indonesian Diaspora Network. “Yang sedang kita garap adalah mendorong percepatan pengembangan kawasan wisata bahari Mandeh di kabupaten Pesisir Selatan,” tutup Rang Salido itu. Enye