Hujan Lebat, Puluhan Hektar Sawah di Padangsibusuk Disapu Banjir dan Lumpur

721

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ternyata hujan lebat juga mendera Kabupaten Sijunjung. Akibat hujan dengan intensitas tinggi itu, membuat Batang Lasi meluap. Peristiwa yang terjadi pada Minggu dini hari (10/12/2017) itu mengakibatkan puluhan hektar sawah penduduk disapu banjir dan lumpur.

Hujan lebat itu memporakporandakan puluhan hektar tanaman padi dan sayuran warga di Nagari Padangsibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Sijunjung, Hardiwan mengatakan, banjir merendam areal pertanian warga yang berisikan padi dan sayuran siap panen mulai pukul 03.15 WIB dini hari.

Luapkan air yang diperkirakan akibat hujan dengan intensitas tinggi di hulu Batang Lasi itu menyapu 31 hektar tanaman padi dan sayuran siap panen.

“Luapan air Batang Lasi ini mengakibatkan 31 hektar padi dan sayuran petani Padang Sibusuk rusak disapu air bercampur lumpur,” ucap Hardiwan via WhatsApp, Minggu (10/12/2017).

Ia menyebutkan tidak ada korban jiwa akibat luapan air Batang Lasi tersebut.

Namun, akibat luapan air Batang Lasi tersebut, petani mengalami kerugian.”Saat ini, pihak UPTB BPP Kecamatan Kupitan masih menghitung kerugian tanaman padi dan sayuran petani yang rusak disapu banjir,” tuturnya. Azet Humas