Kenalkan Tugas dan Fungsi, Bank Indonesia Gelar Goes to Campus

1090

JURNAL SUMBAR | Padang – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno hadiri acara BI Goes To Campus dengan tema “Cinta Rupiah” di auditorium kampus Universitas Andalas, Padang (07/12-2017).

Kali ini Bank Indonesia mengusung tema Cinta Rupiah yang juga dilaksanakan di beberapa kampus di Indonesia seperti Universitas Samratulanggi Manado, Institute Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Airlangga dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga diadakan kuliah umum bersama Apriana Damayanti selaku Asisten Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia dan Nurkholisoh Ibnu Aman selaku Manager Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia.

Hadir dalam kegiatan ini Arbonas Hutabarat selaku Direktur Depertemen Komunikasi BI, Rektor Unand Prof. Dr.Tafdil Husni, SE. MBA dan Dekan-dekan dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Andalas.

Selain itu kegiatan ini juga dimeriahkan dengan kehadiran Vlogger, Blogger, Stand Up serta penyanyi Solo yaitu Rezky Febian.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Bank Indonesia dengan Net Mediatama dan Universitas Andalas untuk mengenalkan uang rupiah lebih luas kepada masyarakat.

BI goes to campus merupakan kegiatan tahunan dari Bank Indonesia, dan Universitas Andalas terpilih menjadi salah satu universitas di Indonesia dalam penyelenggaraan kegiatan ini, kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, Endy Dwi Tjahjono.

Dikatakannya, BI Goes to Campus bertujuan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi Bank Indonesia terhadap masyarakat khususnya yang berada di lingkungan perguruan tinggi bagaimana rupiah itu dikelola, diedarkan dan juga memeliharanya. “Selain itu juga mengenal tugas dan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Negara,” tambahnya.

Menurutnya dipilih kampus sebagai tempat penyelenggaraan karena disana tempat berkumpulnya para akademisi seperti mahasiswa sebagai generasi muda yang memiliki peran besar untuk perubahan Indonesia kedepannya.

“Banyak masyarakat menganggap fungsi uang hanya sebagai alat transaksi saja padahal banyak manfaat lain disana disamping sebagai kedaulatan Negara,” tuturnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi pendorong mahasiswa khususnya Universitas Andalas dapat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan gerakan nasional ini.

Irwan Prayitno selaku Gubenur Sumatera Barat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Bank Indonesia ini. IP mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting, karena dengan acara ini mahasiswa sebagai generasi muda akan mengetahui dan memahami apa arti pentinya rupiah. Sehingga akan tumbuh dalam diri generasi muda kecintaan terhadap rupiah, karena dalam rupiah terdapat lambang negara indonesia, berarti menggunakan rupiah merupakan wujud rasa cinta kepada negara Indonesia.

IP juga mendukung Vidio & Blog Competition dengan tema “cinta rupiah”
“Kita mendukung kompetisi ini, semoga melahirkan generasi kreatif, dapat memanfaatkan media dengan positif, dan bermanfaat bagi bangsa dan negara” ujar IP

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Dr. Hariv Amali Riva’i menyambut baik kegiatan ini serta mengucapkan terimakasih atas dipilihnya Universitas Andalas sebagai tuan rumah. Rilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here