Pemko Sawahlunto Wujudkan Kerjasama Sister City dengan Denhag Belanda

430

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Luar biasa. Ternyata di hari ulang tahun (HUT) Kota Sawahlunto ke-129, Pemerintah Kota (Pemko) di bawah kepemimpinan Walikota Ali Yusuf, SPt terus berupata untuk mewujudkan kerjasama antara Sawahlunto dengan Denhag, Belanda.

Hal ini disampaikan Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf saat prosesi makan Bajamba HUT Kota Sawahlunto ke 129 di Lapangan Segitiga, “Kota Arang” Sawahlunto, Jumat (1/12/2017).

Untuk diketahui, seperti dirilis Humas Pemko Sawahlunto, kerjasama ini dirintis Ali Yusuf saat dirinya diundang menjadi pembicara di kota Denhag, Belanda pada 20 Mei 2017 lalu oleh komunitas Indonesia di negeri itu.

Tak heran jika kemudiang Ali Yusuf mengungkapkan, bahwa untuk percepatan pembangunan Sawahlunto harus mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk pihak luar negeri.

“Nah, kerjasama ini telah mendapat dukungan Pemprov dan saat ini tinggal menunggu izin dari Kementrian Luar Negeri. Dengan Sister City ini nantinya akan ada kerjasama dan dukungan bagi Sawahlunto dari Denhag dalam bidang pariwisata, promosi kota, pndidikan, dan bidang lainnya,” terang walikota yang merakyat itu.

“Kita berharap kerjasama ini akan berefek pada dunia kesehatan karena Leiden memiliki pusat rumah sakit terbaik. Nah, untuk pengembangan Sister City ini Pemko sudah membuat RAB membangun Sawahlunto mirip dengan Denhag, seperti membangun kanal wisata di Batang Ombilin,” terang Ali Yusuf. Delvia STR