Polres dan Pemkab Sijunjung Latih Siswa Jadi Calon Polisi

290

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 153 siswa dari berbagai SMA/SMK dan MAN di Kabupaten Sijunjung direkrut untuk dilatih dan dibina menjadi calon anggota Polri.

Pelatihan dan pembinaan dilakukan Polres Sijunjung dan Pemkab Sijunjung itu, diharapkan kedepannya ada pemuda dari Kabupaten Sijunjung yang diterima menjadi polisi.

“Selama ini dari Sijunjung yang jadi polisi sangat minim sekali. Karena pengrekrutan pelatihan ini adalah program Polri, maka kita saling bekerjasama dengan Pemkab Sijunjung, termasuk melibatkan Dinas Pendidikan dan Dinas Ketenagakerjaan untuk merekrut pemuda untuk bisa mengikuti pelatihan,” kata Kapolres Sijunjung, AKBP Haji Imran Amir, SIK, MH, kepada Jurnal Sumbar, Senin (18/12/2017).

“Kalau pemuda itu sudah dibina dan dilatih, diharapkan saat masuk dan mendaftar jadi polisi tak gamang lagi karena sudah memiliki dasar-dasar pelatihan dan yang kita latih tentu pemuda yang terbaik diharapkan kedepannya ada pemuda Sijunjung yang jadi polisi,” jelas mantan subdit Tipikor Polda Sumbar itu.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Sijunjun, Riky Minaldi Neri, kepada Jurnal Sumbar, Senin (18/12/2017) pun tak menapiknya. “Memang benar, Pemkab ada kerjasama dengan Polri untuk melakukan pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri. Anggaran pelatihan calon anggota Polri ini dari kita (Disnaker-red) kata,” Riky.

Disebutkanya, setelah dilakukan seleksi, yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti pembinaan dan pelatihan itu terdapat 153 siswa. Ke-153 siswa itu berasal dari 12 SMA yang ada di Kabupaten Sijunjung, 7 SMK dan 2 sekolah dari Madrasyah Aliyah Negeri (MAN). Dengan rincian, dari SMAN 1 Sijunjung 11 siswa, SMAN 2 Sijunjung 18 siswa, SMAN 3 Sijunjung 7 siswa, dan SMAN 4 Sijunjung 4 siswa.

Selain itu dari SMAN 5 Sijunjung 6 siswa, SMAN 6 Sijunjung 2 siswa, SMAN 7 Sijunjung sebanyak 12 siswa, SMAN 8 Sijunjung 5 siswa, SMAN 9 Sijunjung 8 siswa, SMAN 10 Sijunjung 5 siswa, dan SMAN 12 Sijunjung 8 siswa. Sedang dari SMK, yakni dari SMKN 1 Sijunjung 8 siswa, SMKN 2 Sijunjung 2 siswa, SMKN 3 Sijunjung 6 siswa, SMKN 4 Sijunjung 3 siswa, SMKN 5 Sijunjung 11 suswa, SMKN 6 Sijunjung 1 suswa dan dari SMKN 7 sebanyak 4 orang serta dari MAN 1 Sijunjung 6 siswa serta dari MAN 2 Sijunjung 1 orang siswa.

“Itu jumlah siswa yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan,” tambah Riky Mainaldi Neri. Saptarius