Wisatawan Jadi Operator, Hobi Seorang Agung “Sonsang” Afif yang Berbuah Hoki

998
Agung Afif di Raja Ampat Papua. Ist.

JURNAL SUMBAR | Agung Afif anak muda berusia 24 tahun adalah CEO dan founder dari Tour Operator Indonesia Juara. Melirik dan mempromosikan potensi wisata Indonesia Bagian Timur yang begitu asli dan eksotik serta menakjubkan. Saat ini ratusan orang memakai jasanya dari luar negeri dan dalam negeri menikmati objek-objek wisata tersebut.

Melalui bendera Tour Operator Indonesia Juara yang menjalankan aktifitas langsung tour di Indonesia Bagian Timur, dengan destinasi andalan Labuan Bajo di Nusa Tengara Timur dan Raja Ampat Provinsi, Papaua Barat serta pulau kecil di Provinsi Maluku “Salah satu dukungan kita kepada NKRI, bahwa selama ini orang luar mengenal Indonesia bagian barat dan tengah saja, ternyata di Indonesia bagian timur keindahan alamnya tiada taranya,’’ ujar putra pasangan Prof. Dr. Festiyed, MS dan Ir, Afrizal Tazar, MS ini

Berawal dari hobi traveling saat libur kuliah dan mengabadikannya lewat poto dan video pakai handphone tentang objek-objek wisata di beberapa daerah yang dikunjungi, kemudian di publis di medsos. Akhirnya disukai banyak orang dan berminat ditemani ke daerah tersebut.

“Ketika saya jalan-jalan ke Labuhan Bajo, ongkos habis untuk pulang menunggu kiriman saya keliling-keliling di beberapa objek wisata sambil di update di mendsos, tiba-tiba ada beberapa orang yang ingin ke sana minta ditemani,” jelas Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Padjajaran Bandung ini.

Perlahan tapi pasti mulai banyak orang yang memintanya jadi guide sementara dia harus balik ke Bandung untuk menyelesaikan skripsinya, dengan segala pertimbangan Agung akhirnya minta cuti beberapa semester dan mulai mengeluti jadi guide para wisatawan yang ingin ke Labuhan Bajo. “Insya Allah pilihan saya itu ada resikonya, yang pasti saya merasa bangga bisa mempromosikan objek wisata di Indonesia Bagian Timur ke dunia luar dan mendukung program pemerintah di sektor pariwisata,” ujar Agung kelahiran Sonsang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini.

Agung sangat menyakini bahwa sector pariwisata mampu menyerap ribuan tenaga kerja dan mendatangkan pendapatan bagi penduduk setempat dan pemerintah. Satu wisatawan yang datang banyak orang yang menikmati uangnya dari transportasi, restoran, oleh-oleh, hotel dan lainnya “Multiflyer effecnya sangat besar, bisa menghidupi banyak orang,” katanya.

Saat ini Agung Afif sudah memperkerjakan 22 orang masyarakat Labuhan Bajo dan memiliki fasilitas kamera berbagai tipe, kapal wisata. Atas kesuksesannya itu beberapa kampus meminta membagi pengalaman kepada mahasiswa.

Menurut Agung perjuanganya membangun bisnis tour operator dengan bisa dibilang tanpa modal, dia berharap bisa menginspirasi generasi muda untuk hidup dengan passion dan bisa berguna untuk orang banyak.

Agung Afif menjelaskan 5 hal kunci keberhasilanya, pertama know what is your purpose. Setiap kali bangun pagi, kita harus punya tujuan yang memotivasi kita untuk memperjuangkan impian atau cita cita yang ingin kita capai, Jika kita tidak tahu apa yang menjadi tujuan kita, apa yang memotivasi kita maka kita tidak punya alasan untuk berjuang dan maju dalam kehidupan kita.

“Setiap orang pasti bisa mencari tujuan yang memotivasi untuk berjuang. Tujuan kita harus lah sesuatu yang akan membuat kita semangat bangun pagi, sesuatu yang selalu menjadi kekuatan dan sesuatu yang ketika kita lakukan waktu terasa berhenti. Bisa saja tujuan itu menciptakan karya yang berguna buat orang banyak, bahkan ingin Membahagiakan orang tua,” tegasnya.

Bagi Agung tujuannya adalah berjuang untuk memajukan parawisata di Indonesia, tiap hari dia bangun pagi untuk terus mencari ide dalam mengembangkan parawisata melalui Indonesia Juara. Dalam menperjuangkan mimpi pasti akan ada fase fase sulit jika kita telah memiliki tujuan yang jelas maka alasan ini lah yang akan selalu membuat kita bangkit dan tidak menyerah.

Kedua, know what is your passion
Jika purpose adalah alasan kita untuk berjuang maka passion seperti nyala api yang menerangkan perjuangan. sangat penting untuk menemukan passion kita. Agung afif memiliki passion di Adventure dan Videography, dengan 2 hal tersebut dia membangun tour IndonesiaJuara. Passion adalah rasa cinta dari apa yang kita lakukan, jika kita ingin benar benar sukses dibidang yang kita tekuni, obsesi sangat diperlukan. Jika ada sesuatu kegiatan yang rela kita lakukan walaupun tidak dibayar, maka tekuni lah hobi tersebut perlahan kita akan menjadi master dibidang tersebut, dan sudah pasti uang akan mengikuti.
Ketiga, know when to take risk

Disaat kita sudah berkeluarga, artinya punya istri dan anak anak , maka ketika teman teman mengambil keputusan yang beresiko maka istri dan anak akan ikut menerima resiko dari keputusan tersebut. Itulah mengapa Agung tekankan pentingnya keberanian mengambil resiko untuk mengejar passion dan mewujudkan mimpi kita dari usia semuda mungkin.

Seperti yang agung afif lakukan di saat lulus SMA dia masuk Salah satu Universitas di Padang dengan jurusan IT, setelah memahami sedikit tentang dunia IT dia merasa kalau dia tidak cocok bekerja di bidang IT karena dia juga memiliki jiwa untuk berada dilapangan. Dan bekerja didepan laptop terus menerus bukan hidup yang dia inginkan, akhirnya dia beranikan diri untuk izin ke orang tua untuk berhenti sementara dari dunia perkuliahan dan fokus untuk belajar untuk dapat lulus SNMPTN di tahun berikut nya.

Perjuangan nya membuahkan hasil akhirnya dia diterima di perguruan tinggi di Bandung dengan jurusan Hubungan Internasional yang dia cita citakan. Kuliah disana 4 tahun mengajarkan dia banyak hal tentang berdiplomasi, Tapi disaat di bandung dia sering pergi ke alam alam untuk mengexplore keindahan alam dan membuat video. Dia merasa menemukan passion sejati nya traveling dan videography. Akirnya di saat proses penyelesaian skripsi dia beranikan untuk berhenti sementara dari perkulian dan fokus mewujudkan mimpi nya untuk membangun tour dengan prinsip “we provide adventure tourism” dengan menyediakan dokumentasi menarik bagi para tamu yang mengikuti tour. Akhirny perlahan tour nya pun semakin dikenal orang dan sukses menjadi Tour besar seperti saat sekarang ini.

Know how to use internet marketing
Di zaman sekarang ini, apa pun yang kita butuhkan banyak dari kita akan mencari nya melalui internet baik itu melalui search engine maupun social media seperti instagram dan facebook. Jadi jika ingin memulai berbisnis tidak sesulit dulu lagi yang membutuhkan modal untuk membuat toko fisik, dengan online shop kita bisa memasarkan product/jasa yang kita tawarkan.

Era internet menciptakan peluang yang sangat besar untuk anak muda bisa sukses, dengan menggunakan internet kita bisa memberitahu banyak orang tentang product/jasa yang kita jual. Berbekal dengan sedikit kemampuan tentang internet, Agung selalu mempromosikan tour Indonesia Juara melalui social media dan website. Itulah yang membuat tour Indonesia Juara dikenal.

Know how to make relation
Kemampuan untuk menjalin relasi sangat dibutuhkan ketika kita ingin mewujudkan mimpi, Jika Agung Afif yang bergerak di bidang parawisata memulai usahanya hampir dengan modal 0 rupiah , disaat awal mengembangkan tour Indonesia Juara dia menjalin kerjasama dengan pemilik kapal, mobil maupun pengipanan. Jadi bermodal kemampuan membuat video dan internet marketing dia mencari tamu dengan mempromosikan destinasi-destinasi tour tersebut dan membuat banyak orang tertarik untuk pergi. Jadi dengan relasi kita bisa menciptakan win win solution dalam berbisnis

Agung berharap bisa menginspirasi anak anak muda untuk berani mengejar passion dan hidup yang mereka inginkan.Karena menurut dia ambisi dan keinginan untuk sukses saja belum cukup itu hanyalah sebuah hasrat, Haruslah kita tahu apa yang kita inginkan, mengerti mengapa kita melakukanya, dan mendedikasi kan setiap hembusan napas kita untuk mewujudkanya. (Mursyid Sonsang)