Bakohumas, Jasman: Humas Berperan Tangkal Hoax

162
Jasman (poto: R Kampai)

Jurnal Sumbar | Padang – Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman mengatakan, bahwa peranan humas sangat penting dalam menjembatani informasi antara pemerintah dan masyarakat. Apalagi, dalam menangkal berita Hoax yang saat ini sangat meresahkan masyarakat.

“Untuk itu, peranan humas dalam membentengi berita Hoax sangat diperlukan. Apalagi, berita Hoax ini sangat rentan dalam memberikan informasi yang tidak benar,” ujarnya saat kegiatan Badan koordinasi kehumasan (Bakohumas) di Hotel Axana, Selasa (30/1/2018).

Selain itu kata Jasman, saat ini upaya humas di Sumbar dalam menangkal berita hoax yang dapat menggangu di tengah masyarakat. Apalagi, dengan perkembangan informasi yang terus berkembang melalui media yang disebar lewat media sosial. Yakni, dengan cara berkoordinasi dengan humas di Kabupaten/Kota.

“Jadi, kita ada grup WhatsAap. Di sana kita selalu diskusi terkait dengan pemberitaan. Meneliti pemberitaan itu, jadi kita dapat segera mengetahui mana pemberitaan hoax dan tidak. Mana media yang jelas atau abal-abal. Sehingga, berita yang sampai ke masyarakat benar-benar sesuai kebenarannya,” katanya.

Tak hanya itu, Jasman meminta jajaran humas yang ada di Kabupaten/Kota berperan aktif dalam menyukseskan HPN 2018 di daerah ini 1-9 Februari.

“Oleh karena itu, humas di daerah mesti ikut serta mensukseskan ini dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat terkati HPN di Sumbar,” tukasnya.

Ia berharap dengan adanya pertemuan dengan humas di Provinsi dan Kabupaten dan Kota ini dapat berdampak untuk meningkatkan kinerja dibidang kehumasan.

Acara Bakohumas di Hotel Axana itu dihadiri oleh 150 humas dari kabupaten kota dan instansi vertikal. Hadir pula sejumlah narasumber diantaranya Kepala Antara Biro Sumbar Azhari, perwakilan Kementerian Kominfo Fredy Tulung, perwakilan PWI pusat Agus Sudibyo dan dimoderatori tokoh pers Sumbar Syukri Umar. R Kampai