Bupati Hendrajoni Kunker ke Sentra Pertanian di Pelosok Lengayang

140

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni melakukan kunjungan ke Kampung Akad di Kecamatan Lengayang untuk berdialog dengan petani setempat, Sabtu (20/01/2018).

Dalam dialognya Bupati menyampaikan, di daerah ini akan dibangun embung mini untuk petani. Adapun pendanaan dari kegiatan ini berasal dari Pusat yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan.

Bupati juga melihat fasilitas biogas yang sedang dibangun oleh kelompok tani setempat. Biogas menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk menjawab kebutuhan energi.

Selanjutnya didaerah ini juga terdapat bangunan irigasi yang telah dibangun oleh Dinas PSDA tahun 2017. Upaya peningkatan produksi pertanian menjadi fokus pemerintah daerah saat ini. Diharapkan beberapa tahun ke depan Kabupaten Pesisir Selatan menjadi sentra produksi beras sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

Bupati melanjutkan monitoring ke Kampung Tanjung Durian, Pulakek untuk melihat proses normalisasi anak sungai di kampung ini dengan menggunakan alat berat bantuan dari Pusat pada tahun 2017.

Normalisasi ini dilakukan karena masyarakat di daerah ini sering terdampak banjir saat hujan. Walinagari setempat mengatakan pengerjaan normalisasi ini juga diharapkan selain terhindar dari banjir juga untuk meningkatkan jalur irigasi di wilayah ini. Alat berat yang digunakan dalam proses pekerjaan ini telah menjadi milik Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang dikelola oleh Dinas PSDA. Rega Desfinal

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni berdialog dengan masyarakat dalam kunjungan kerjanta di Lengayang.