Bupati Irfendi Arbi Bagikan KTP-elektronik kepada Siswa SMK N 1 Luak

190
Bupati Irfendi Arbi poto bersama dengan siswa SMK N Luak. Ist.

JURNAL SIMBAR | Limapuluh Kota – Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menyerahkan langsung e-KTP kepada siswa SMK N 1, Kecamatan Luak.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SMK N 1 Luak, Kamis (4/1). e-KTP tersebut diserahkan langsung oleh Bupati, Irfendi Arbi kepada 99 siswa SMK tersebut dan disaksikan Kepala Sekolah beserta Majelis Guru.

Dalam sambutannya, Irfendi mengatakan tujuan membagikan e-KTP langsung ke sekolah ini, supaya siswa lebih mudah dalam mengurus KTP-nya dan tidak perlu lagi mengantri ke Dinas Kendudukan dan pencatatan sipil dalam pembuatan KTP.

“Dengan adanya layanan ini, semoga mempermudah masyarakat dalam pengurusan e-KTP khususnya para pelajar sekolah yang umurnya sudah 17 tahun ke atas,”ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengharapkan kepada Disdukcapil agar siswa di Kabupaten Limapuluh Kota yang berumur 17 tahun tidak ada lagi yang tidak memiliki KTP.

“Pengurusan e-KTP disekolah sangatlah mudah cukup membawa akte kelahiran dan kartu keluarga (KK). Untuk itu, manfaatkan kemudahan yang diberikan ini,” sambung bupati.

Terakhir bupati menghimbau kepada seluruh siswa untuk lebih rajin belajar dan terus untuk mengasah skil dan kemampuan serta mengharapkan seluruh siswa di SMK N 1 nantinya dapat melanjutkan belajar kejenjang perkuliahan.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil melalui,Hatifah selaku Pihak Pengelola Informasi Data KTP Disdukcapil Limapuluh Kota, mengatakan untuk pengurusan e-KTP pelajar akan langsung dilayani oleh Dinas Dukcapil langsung ke sekolah-sekolah.

Program pelayanan ke sekolah ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama Dinas Dukcapi dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Untuk saat ini, kita menyerahkan 99 keping e-KTP kepada siswa SMK 1 Luak, yang allhamdulilah penyerahannya dilakukan langsung oleh bapak Bupati Irfendi Arbi,” jelasnya.

Dia mengatakan KTP yang diserahkan ini nantinya akan berlaku seumur hidup untuk para para pelajar. “e-KTP ini telah berlaku seumur hidup, kami berharap para siswa menjaga dengan baik e-KTP yang telah dimilikinya karena e-KTP ini merupakan identitas diri dan dapat dipergunakan untuk keperluannya masing-masing,” pungkasnya.

Seusai menerima e-KTP, Ilham salah satu siswa SMK N 1 Kec Luak, asal Nagari Sarilamak mengaku merasa senang dan bangga setelah menerima KTP miliknya tersebut. “Kami kaget dan sangat senang sekali, karena tidak menyangka KTP Elektronik milik kami ini bagikan langsung oleh Bapak Bupati, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak bupati atas kemurahannya,” ucapnya.

Dalam acara tersebut turut hadir Camat Luak, Muftil Wahyudi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Afrizal Aziz, Kepala Sekolah SMK N 1 Kec Luak, Deri Novia,Wali Nagari Andaleh, Majelis Guru dan para tamu undangan lainnya. Suwanda