Dinas Dikbud Sijunjung Gelar Sosialisasi SNMPTN Bagi Siswa SLTA Se Sijunjung

262

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung menggelar sosialisasi tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bagi siswa SLTA sederajat se Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Senin (29/1).

Acara sosialisasi ini diikuti oleh 325 Siswa/Siswi kelas XII tingkat SMA, SMK dan MA se Kabupaten Sijunjung, dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Kepala Bidang SLTP Kabupaten Sijunjung, Yulius Maleni, S.Pd. MM.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) Kabupaten Sijunjung Drs. Syafarudin, MM dan Kepala Sekolah Tingkat SLTA se Kabupaten Sijunjung. Serta menghadirkan Narasumber dari Universitas Negeri Andalas (Unand) Padang yaitu Agus Sri. B, Yoserizal, Salwan, Elida Hanum Husni dan Hendri Duran.

SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

“Kami berharap kepada narasumber dari UNAND agar dapat meningkatkanĀ  persentase penerimaan untuk mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Sijunjung ini, baik dari segi SNPTN, SBNPTN ataupun jalur Mandiri”, harap Yulius Maleni pada saat menyampaikan sambutannya.

Kabid Yulius Maleni juga mengharapkan kepada guru pendamping agar bisa membimbing peserta didiknya dengan baik dan benar agar dalam pelaksanaan serta pemilihan Perguruan Tinggi Negeri nantinya tidak susah.

Pada kesempatan itu salah seorang narasumber Yoserizal juga menjelaskan bagaimana tata cara pengisian Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS) yang benar ke para pimpinan sekolah.

Terkait tentang pengisian data sekolah untuk Siswa/Siswi, untuk para siswa/siswi harus mengisi data mereka ke website SNMPTN (www.snmptn.ac.id). “Maka dari itu mereka sebelum mengisi data itu harus diberi pembimbingan,” ujarnya. Andri Kampai