Hi-Tech dan Ramah Lingkungan, Presiden Resmikan Pabrik Indarung VI Saat HPN

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Padang – Tahun 2017 menjadi tahun bagi PT Semen Padang khususnya dan Sumatera Barat. Salah satu pabrik dengan nilai investasi terbesar di Sumbar, sebesarRp 4 triliun lebih, memiliki teknologi tinggi (Hi-Tech) dan ramah lingkungan, suksesod.

Indarung VI sebenarnya telah beroperasi sejak 24 November 2016. Sementara itu, pabrik mentah (tempat penggilingan bahan mentah) sejak tanggal 10 Januari 2017, dan kiln (bahan untuk bahan bahan mentah menjadi bahan semen setengah jadi) sejak 7 Februari 2017.

Pabrik Indarung VI dibangun sesuai amanah Rapat Umum Pemegang Saham Biasa (RUPSLB) PT Semen Gresik (Persero), Tbk pada 16 Juni 2012 dan RUPSLB PT Semen Padang pada tanggal 19 November 2012. Peletakan batu pertama industri Indarung VI dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2014.

Pabrik ini jadi kebanggaan karena memiliki banyak keunggulan dibanding pabrik lainnya (eksisting), yaitu teknologi termutakhir, dan operasional pabrik yang ramah lingkungan.

Teknologi canggih yang dimiliki antara lain, dedusting sistem (penangkap debu) yang sudah mempergunakan bag filter dimana pabrik eksisting masih memakai electrostatic precipitator (ESP). Dengan bag filter emisi debu ke lingkungan lebih bisa ke lingkungan, maksimal 30mg / Nm3.

Pabrik Indarung VI menggunakan satu calciner, dengan dimensi yang lebih besar. Dengan peralatan ini, proses dan perpindahan panas menjadi lebih efisien.

Cross Bar Cooler Pabrik Indarung VI mengadospi terbaru dari FLSmidth yang dilengkapi dengan pendingin fan dengan memakai VSD sehingga bisa mendinginkan klinker lebih efektif, lebih hemat energi dan di sisi lain umur / umur pakai bagian lebih panjang karena tingkat keausannya kecil.

Pabrik semen Indarung VI memakai teknologi pabrik semen vertikal. Dengan teknologi ini, konsumsi daya menjadi 26 kWh / t jika dibandingkan dengan pabrik semen dengan konsumsi daya sebesar 32 kWh / t (referensi Indarung V)

Di samping itu, semua kipas proses utama yang dilengkapi dengan VSD sehingga kinerja kipas bisa diatur sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan dan hemat energi.

Pabrik Indarung VI memiliki gas analyzer system yang dapat mengontrol kandungan gas dalam proses pabrik semen sehingga bisa dikendalikan proses yang terjadi dan mutu udara ke lingkungan.

Burner system pabrik ini juga mengadopsi teknologi terkini sehingga dapat membentuk proses pembakaran yang efisien dan efektif.
Raw mill Indarung VI merupakan raw mill terbesar di dunia dengan kapasitas 750 tpd, namun dapat dioperasikan mencapai 1000 tpd
Kemampuan drying coal mill Indarung VI yang sangat tinggi, dapat mengeringkan raw coal dengan kadar air 42% menjadi 12% pada fine coal. Coal mill dengan kapasitas mencapai 120 tph dapat mensuplai fine coal untuk pabrik Indarung II, III, dan V.

Dari sisi operasional, pabrik Indarung VI merupakan prototype pabrik yang ramah lingkungan. Main desuting pabrik ini sudah mempergunakan bag filter sehingga dapat mengurangi emisi debu ke lingkungan, hasil Uji pihak ketiga (UNILAB) pada 14 April 2017 menunjukkan emisi buang BHF hanya 1 mg/m3 .
Gas cooling tower pabrik ini mengadopsi teknologi spraying terkini sehingga proses cooling dari gas bisa lebih optimal sehingga dapat mengurangi pemakaian air.

PERANTAU SIJUNJUNG

Pabrik Indarung VI memiliki gas analyzer system yang dapat mengontrol kandungan gas dalam proses pabrik semen sehingga bisa dikendalikan proses yang terjadi dan mutu udara ke lingkungan.

Vertical Cement mill pabrik Indarung VI dapat mengurangi pemakaian energy listrik sehingga secara tidak langsung menghemat pemakaian listrik dari PLN.

Main process fan dan cooling pabrik ini dilengkapi dengan VSD yang dapat mengurangi pemakaian energy listrik sehingga secara tidak langsung menghemat pemakaian listrik dari PLN.
Sebagai wujud komitmen operasional pabrik yang ramah lingkungan, jajaran Indarung VI bertekad untuk emisi debu di bawah 30 mg/Nm3, menurunkan heat consumption, dan menurunkan power consumption.

Dari sisi operasional, pengoperasian pabrik Indarung VI lebih mudah dan lebih stabil. Pabrik ini memiliki raw mill dengan kapasitas 750 tph, telah bisa mencapai kapasitas 1000 tph (133.3% dari kapasitas desain). Kiln dengan kapasitas 8000 tpd telah bisa mencapai kapasitas > 9000 tpd (112.5% dari kapasitas desain). Cement Mill dengan kapasitas 250 tph telah bisa mencapai kapasitas 325 tph (130% dari kapasitas desain).
Pabrik Indarung VI mengadopsi system pengontrolan kualitas produk dengan robot (robolab) yang dapat meningkatkan pengendalian kualitas dan mencegah human error.

Layout pabrik Indarung VI lebih tertata dengan akses yang lebih baik. Pabrik ini lebih bersih, rapi, dan nyaman. Bangunan CCR yang indah dan nyaman bagi setiap karyawan untuk beraktifitas sehari-sehari. Peralatan dilengkapi dengan sistem keamanan yang menjamin keselamatan pekerja dan peralatan. Pabrik Indarung VI juga dilengkapi dengan Water Treatment Plant dengan proses canggih.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, Pabrik Indarung VI yang memiliki kapasitas produksi 2,4 juta ton klinker (setara dengan 3 juta ton semen), diharapkan semakin memberikan kontribusi yang tinggi bagi perusahaan di masa-masa yang datang.

Memang diakui saat ini industri semen nasional tengah menghadapi cobaan berat, dengan terjadinya kelebihan suplai, yang memicu persaingan harga di pasar. Produsen semen nasional juga dihadapkan tingginya cost akibat meningkatnya biaya produksi, serta biaya-biaya lainnya. Tidak berbandingnya antara income dengan cost, telah menggerus laba perusahaan perusahaan semen di Indonesia.

Bertahan di Tengah Turbulensi

Tahun 2017 merupakan masa-masa yang penuh perjuangan bagi PT Semen Padang. Dalam kondisi industri semen yang mengalami turbulensi akibat sengitnya kompetisi, dan rendahnya demand perseroan bisa bertahan dengan performance yang masih baik, dan meraih berbagai prestasi.

Sebelum 2014, menjadi masa-masa keemasan bagi PT Semen Padang dan perusahaan persemenan lainnya di Indonesia. Pada saat itu, perusahaan semen pertama di Asia Tenggara ini, sukses mencatatkan laba tertinggi sejak seabad lebih berdiri, yakni di atas 1 triliun. Namun pasca itu, laba terus mengalami penurunan. Hal itu dipicu bertambahnya pemain dalam industri semen nasional. Pada 2013, hanya ada 9 pemain semen nasional, namun pada 2017 meningkat menjadi 17 pemain yang tidak hanya perusahaan milik pemodal dalam negeri, tapi juga para pemain internasional.

Para pemain baru itu juga meningkatkan kapasitas produksi. Di sisi lain, demand nasional tidak bertumbuh positif seperti yang diharapkan. Imbasnya, pada 2017 dengan total kapasitas produksi sebanyak 106 juta ton, dan demand hanya 71 ton, seluruh perusahaan semen ketar-ketir. Kondisi ini diperparah kenaikan harga pokok produksi.

Ketika terjadi perang harga di pasaran, para pemain lain memilih menurunkan harga, hingga melakukan lay off terhadap karyawan. PT Semen Padang tidak mengambil langkah itu. Perusahaan kebanggaan anak negeri ini tidak melakukan PHK terhadap karyawan, namun mengambil strategi efisiensi untuk mempertahankan pangsa pasar dan memenangkan persaingan.

Selama 2017, PT Semen Padang mampu mencapai produksi yang menggembirakan, sebanyak 7.444.143 ton dari target 7.433.900 ton. Tahun berjalan 2017, setelah tahun berjalan 2016, sebesar 6.456.059 ton.

Sementara dari sisi penjualan, selama 2017 volume penjualan PT Semen Padang sebesar 7.706.870 ton atau 92,20% dari target sebesar 8,359.000 ton. Dibandingkan dengan 2016, volume penjualan 2017 ini masih lebih tinggi 10,40% atau lebih 6.980.615 ton pada tahun sebelumnya.

Selama 2017, PT Semen Padang mencatatkan laba sebesar Rp400 miliar. Pada 2018 ini, PT Semen Padang. rilis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.