ITPC Milan Siap Fasilitasi Ekspor Produk Sumbar ke Italia

285
Burmalis Ilyas poto bersama dengan Wakil Kepala ITPC Milan, Anggraini Kusumaningtyas dan rekannya. (Poto: Ist.)

JURNAL SUMBAR | Italia – Manfaatkan waktu luang tour Eropa-nya, Senin, (8/1-2018), Burmalis Ilyas selaku Executive Director Minang Diaspora Network Global (MDN-G) atau Jaringan Perantau Minang Dunia melakukan kunjungan khusus ke Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) di Milan, Italia.

“Hal ini kita lakukan untuk menjajaki peluang ekspor produk-produk Sumatera Barat dan Indonesia, serta peluang usaha dan investasi di Milan, dan di Italia pada umumnya,” sebut Burmalis Ilyas via ponselnya, Selasa (9/1-2018).

“Alhamdulillah, kami disambut oleh Wakil Kepala ITPC Milan, Ibu Anggraini Kusumaningtyas. Dan, Ibu Anggraini menyambut baik kehadiran MDN-G, serta menyampaikan banyak peluang ekspor produk-produk Sumatera Barat ke Milan, dan Italia umumnya,” jelas Burmalis.

Dikatakan Burmalis, pihak ITPC menyampaikan bahwa peluang ekspor dan investasi di Milan dan Italia umumnya terbuka lebar bagi Sumatera Barat, dan Indonesia umumnya. “Ibu Anggraini menyampaikan bahwa kita punya peluang untuk ekspor rempah-rempah, serta produk kopi, terutama kopi Arabica,” ujarnya.

“Kopi Indonesia biasanya dapat menembus pasar Italia dalam bentuk green bean yang nantinya akan diproses lebih lanjut oleh produsen Italia,” jelas Burmalis.

Juga dikatakan, lanjut Burmalis, Milan sebagai salah satu destinasi pariwisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan Indonesia dan Asia Tenggara, dapat menjadi target utama jika ada investor Indonesia yang tertarik untuk berbisnis kuliner dan perhotelan.

“Di Genova sudah ada restoran yang menjual menu makanan Indonesia, yaitu Rendang Padang yang dikelola oleh orang Italia yang sangat mencintai produk-produk Indonesia,” jelas Burmalis.

Burmalis menambahkan, keinginan masyarakat Minang untuk membuat House of Minang yang sekaligus Resto Minang yang dilengkapi dengan display produk-produk kerajinan dan rempah-rempah dari Sumatera Barat disambut hangat oleh ITPC Milan.

“ITPC Milan siap membantu dalam memberikan informasi yang diperlukan dalam rangka menembus pasar di Italia,” tegas Burmalis.

“Bagi perusahaan yang tertarik mengekspor produknya ke Italia dapat menyampaikan company profile dan catalog produk untuk dimasuk ke dalam database ITPC Milan,” ujar Burmalis lagi. “Dokumennya bisa dikirimkan melalui e-mail ke info@itpcmilan.it,” tambahnya.

“Ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi kita masyarakat Minang, dan MDN-G siap memfasilitasinya,” pungkas tokoh muda Minang asal Pesisir Selatan itu. Enye