Jalan Kabupaten di Nagari Latang dan Lubuktarok Amblas dan Rusak

243
Wabup Arrival Boy meninjau ruas jalan kabupaten di Nagari Latang Lubuktarok yang amblas. Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kondisi ruas jalan kabupaten di Nagari Latang dan Nagari Lubuktarok, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat memprihatinkan.

Selain banyak yang rusak berat, ruas jalan di kedua nagari itu juga ada yang amblas. Tak percaya? Tengok sendiri ke sana. Bahkan Wakil Bupati Sijunjung sempat kaget atas banyaknya jalan rusak di kedua nagari itu.

Di Nagari Lubuktarok, hampir ditiap jalan kabupaten itu banyak yang rusak dan juga amblas. Misal di Jorong Padangbasiku, perbatasan Jorong Kototuo dan Sungaijodi juga ada jalan yang amblas.

Parahnya lagi, di Nagari Latang, ruas jalan dari dan ke Nagari Latang itu dikabari amblas sudah lebih dari dua bulan amblas dengan diameter sekitar tiga meter.

Soal banyaknya jalan rusak dan amblas itu pun tak dipungkiri Camat Lubuktarok, Dodi Katim. “Terkait jalan amblas di Nagari Latang sudah kita sampaikan ke tingkat kabupaten,”ujar Dodi Katim kepada Jurnal Sumbar, Minggu (13/1/2018).

Tapi, Kepala Dinas PU Kabupaten Sijunjung, Ir. Budi Syafarma justeru mengaku belum menerima laporan. “Hingga saat ini mita belum meneri.a laporan. Kalau begitu biar nanti mita cek kelapangan,” kata Budi kepada Jurnal Sumbar, Minggu (13/1/2018).

Bahkan Wakil Bupati Sijunjung, H. Arrival Boy, saat berkunjung ke Lubuktarok, Minggu (13/1/2018), juga sempat kaget melihat kondisi jalan amblas dab rusak di Lubuktarok itu.

“Kita minta pihak Dinas PU dan Dinas BPBD untuk meninjau jalan amblas di Nagari Latang itu. Jika memang disebabkan bencana, bisa saja penanganannya melalui dana BPBD,”kata Wabup Sijunjung, H. Arrival Boy, pada Jurnal Sumbar, Minggu (13/1/2018) dilokasi jalan rusak dan amblas di Kecamatan Latang itu.

Bahkan di Nagari Lalan nuga banyak yang rusak. Misalnya saja di Jorong Lalan persis depan rumah anggota DPRD Sijunjung, Dasri Rajo Timbu jalan rusak diperbiarkan begitu saja.

Begitu juga di Jorong Batuajung juga banyak jalan yang rusak dan amblas. Infrastruktur jalan di Lubuktarok itu kondisinya sudah kian kronis dan memilukan. Belum lagi ruas jalan dari dan ke Jorong Silalakkulik, Nagari Lubuktarok juga banyak yang amblas dan rusak. Saptarius