Jumat Keliling, Cara Kasat Lantas Sijunjung Kampanyekan Tertib Berlalulintas

220

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Banyak cara dilakukan polisi untuk menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas bagi pengendara. Salahsatunya dengan cara mendatangi tempat beribadah, dengan mengajak masyarakat untuk taat dan patuh berlalulintas.

Setidaknya hal itu dilakukan Kasat Lantas Polres Sijunjung, AKP Afrino Chan,SH bersama personilnya. Tak percaya?

Lihat saja, pada Jumat (5/1/2018) Chan, begitu perwira polisi mantan Brimob Polda Bengkulu ini disapa. Pada jumat minggu pertama awal tahun 2018 ini, Chan bersama personil melakukan safari jumat ke Masjid Istiqomah, Nagari Kototuo, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung.

Sebelum khotib naik mimbar, dengan gayanya bak seorang “uztad” dengan lafas yang sempurna membacakan ayat suci Alquran, membuat jemaah pun terkagum. Setelah berhasil mencuri hari masyarakat yang akan menunaikan jumatan itu, baru Kasat Lantas senior yang ramah dan merakyat itu menyampaikan pesan-pesan berlalulintas.

Chan berharap semua warga Kabupaten Sijunjung untuk bisa mematuhi rambu-rambu lalulintas dan melengkapi surat kenderaan dan taat berlalulintas termasuk menggunakan helm.

Kagiatan Kasat Lantas melaksanakan Jumat keliling, adalah salah satu cara Afrino Chan mendekatkan diri sekalu pengayom masyarakat sesuai yang di intruksikan Kapolres Sijunjung, AKBP. H. Imran Amir, SIK, MH.

Di hadapan masyarakat yang ajan menunaikan ibadah jumatan di Masjid Istiqomah Nagari Kototuo, Kecamatan IV Nagari itu, Kasat Lantas Polres Sijunjung pun, menyampaikan pesan-pesan tertib berlalu lintas kepada kepada jemaah Jumat agar selalu mematuhi aturan berlalu lintas dijalan raya.

“Tujuannya agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan gunakan helm SNI baik pengendara maupun penumpang,” kata Kasat Lantas itu disambut baik warga ketika itu.

Tak hanya itu, Kasat Lantas juga menyampaikan tata cara pembayaran E-tilang agar tidak terjadi pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh oknum anggota Polri.

Dijelaskannya, safari jumat keliling penyampaian pesan-pesan berlalulintas ini akan dilaksanakan setiap jumat hingga menjangkau ke seluruh Nagari di Kabupaten Sijunjung. “Kami berharap, dengan cara penyampaian pesan melalui safari jumat ini, kesadaran masyarakat berlalulintas akan tinggi dan taat berlalulintas,” ucapnya pada Jurnal Sumbar, Jumat (5/1/2018). Saptarius