Kanit Binmas Luta Sijunjung Bina Murid SD

141

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Banyak cara yang dapat dilakukan polisi sebagai abdi dan pengayom masyarakat. Termasuk dalam menciptakan ketertiban dan keamanan (Kamtibmas), baik di kalangan masyarakat maupun di kalangan anak sekolah.

Contoh yang dilakukan Kanit Binmas Polsek Lubuk Tarok (Luta), Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, Bripka Ahmad Sopan. Ia didaulat menjadi Pembina Upacara Bendera di SDN 17 Kampung Dalam, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung pada Senin (29/1/2018).

Saat menjadi pembina itu pula seorang polisi Bripka Ahmad Sopan ini pun berpesan pada siswa-siswi agar patuh taat pada orangtua.

“Apabila adik-adik ingin sukses seperti yang dicita-citakan, kunci sukses yang wajib dijalankan, diantaranya patuh kepada orang tua, patuh dan taat kepada guru, banyak belajar dan jangan takut untuk berbuat kegagalan karena dari kegagalan tersebut kita bisa belajar memperbaiki kesalahan,” kata Pembina Paskibraka Kecamatan Lubuktarok itu.

Usai pelaksanaan upacara tersebut juga dilanjutkan dengan pemberian penyuluhan kepada siswa-siswi kelas IV, V dan VI di halaman sekolah dengan materi tentang bahaya narkoba, kenakalan remaja, pelecehan seksual, tertib berlalu lintas dan bahaya penggunaan rokok elektrik.

Tak hanya itu, Bripka Ahmad Sopan yang dikenal santun dan sopan yang sangat dekat dengan rakyat dan merakyat ini juga menyampaikan, agar siswa siswi lebih berhati-hati apabila menerima atau diberi sesuatu baik berupa makanan atau minuman oleh orang yang belum dikenal.

“Jika ditemukan seperti itu diharapkan perlu diwaspadai dan laporkan pada guru atau orang tua. Nah, kepala sekolah dan para guru agar lebih mengawasi dan memperhatikan siswa siswinya, karena selama mereka berada di lingkungan sekolah masih menjadi tanggung jawab para guru,” terang Kanit Binmas itu. Saptarius