Khas Nagari Silantai, Masakan “Tumis Lompok” Dapat Pujian Ketua Forikan Sijunjung

302

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung Ny Endra Yuswir Arifin di suguhkan masakan khas Nagari Silantai, yaitu Tumis Lompok pada saat kunjungan ke Nagari Silantai Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung, Jum’at (26/1).

Masakan itu disuguhkan oleh TP PKK Nagari Silantai pada saat makan siang bersama di sela sela kunjungan Ketua Forikan ke Nagari Silantai Kecamatan Sumpur Kudus dalam rangka peninjauan Paud, acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) serta pelantikan pengurus Forikan Nagari Silantai Kecamatam Sumpur Kudus.

Masakan khas Tumis Lompok ini sangat mudah didapatkan di Nagari Silantai, karena di setiap rumah rata-rata memiliki kolam ikan. “Masakan ini bisa dimasak kapanpun,” kata Ketua Forikan Nagari Silantai Irnawati Yusbardi.

Ia menambahkan bahwa masakan Tumis Lompok ini sering dihidangkan ketika ada acara seperti mendoa, acara bekaul, atau ada tamu yang datang serta di setiap hari raya di setiap rumah pasti ada Tumis Lompok ini.

“Masak dan bahannya juga mudah, bahan yang disediakan untuk membuat Tumis Lompok ini yaitu jahe, kunyit, bawang putih dan bawang merah, cabe rawit, sladeri, bawang prai, garam serta ikan Rayo atau Nila, kalau ingin menambahkan penyedap mungkin lebih enak,” tambahnya.

“Serta cara masak nya juga seperti masak tumis biasa, yaitu bumbu bumbu ditumis sampai matang, setelah matang kemudian masukkan ikan lalu ditambah air secukup nya.Masakan siap dihidangkan,” terang Irnawati.

Sebelum makan Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung Ny. Endra Yuswir Arifin menyempatkan foto dengan Kadis Pangan dan Perikanan Yulizar MP sambil melihatkan Tumis Lompok ini.

Saat makan Ketua Forikan dan Kadis Pangan dan Perikanan menikmati sekali Tumis Lompok ini. “Yo lamak, jarang batamu jo Tumis Ikan bantuak iko di tampek lain,” kata Ketua Forikan sambil menikmati Tumis Lompok yang disediakan oleh PKK Nagari ini serta ketua Forikan menambahkan, bagi siapapun yang ingin mencoba Tumis Lompok silahkan datang ke Nagari Silantai.

Setelah selesai makan siang yang disuguhkan Tumis Lompok, Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung Ny. Endra Yuswir Arifin beserta Kadis Pangan dan Perikanan, Camat Sumpur Kudus,Wali Nagari Silantai beserta Ketua Forikan Nagari Silantai melepas Benih Ikan sebanyak 3.000 ekor ke aliran Batang Sumpu.ini merupakan sungai lubuk larangan yang terletak di depan kantor Wali Nagari Silantai. Andri Kampai