Lomba Tingkat Provinsi, Ketua Forikan Sijunjung Tinjau Kesiapan Nagari Silantai

224

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bunda Paud Kabupaten Sijunjung sekaligus Ketua Forikan Ny. Endra Yuswir Arifin berkunjung ke Paud Raudhatul Athfal/TK Islam Bhakti Nagari Silantai Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung, Jum’at (26/1).

Kunjungan ini adalah dalam rangka pembinaan Paud serta untuk persiapan penilaian oleh Provinsi Sumatera Barat, karena Nagari Silantai akan mewakili Kabupaten untuk lomba Forikan Tingkat Propinsi yang jatuh pada bulan Maret 2018 ini.

Bunda Paud Kabupaten Sijunjung didampingi oleh Kadis Pangan dan Perikanan Yulizar, MP, Camat Sumpur Kudus Syamsu J. S.Sos. MAP beserta Ketua Forikan Kecamatan Sumpur Kudus, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Kasi Paud Delvianti Basri, SE, Wali Nagari Silantai Yusbardi Gindo Malano dan Ketua Forikan Nagari Silantai Irnawati Yusbardi.

Endra Yuswir Arifin menjelaskan bahwa terpilihnya Nagari Silantai untuk mewakili Kabupaten Sijunjung pada lomba Forikan Tingkat Propinsi karena Nagari ini sangat aktif dalam mengkonsumsi dan beternak ikan, hampir di setiap rumah penduduk ini memiliki kolam ikan.

Salah satu kriteria dari penilaian lomba nanti adalah bagaimana peran pemerintahan Nagari untuk kemakmuran masyarakat terutama dibidang perikanan, bagai mana cara masyarakat,guru dan orang tua untuk mengenalkan anak nya menyukai ikan.

“Contohnya di Paud serta TK, apa saja serta bagaimana cara gurunya untuk mengenalkan ikan kepada anak anak Paud ini,” terangnya.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung Yulizar, MP menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan sekaligus melihat lansung persiapan Nagari Silantai untuk menghadapi Lomba Forikan Tingkat Propinsi ini.

Kadis Yulizar juga menambahkan bahwa yang akan dinilai oleh Propinsi nantinya antara lain Dasawisma, Paud serta TK dan TP PKK Nagari Nantinya.Kenapa ini yang dinilai, karena Paud adalah Anak Usia Dini yang harus diberi makan ikan, karena ikan sangat banyak mengandung gizi yang bagus untuk kecerdasan otak anak.

“Serta bagaimana keaktifan dan dukungan dari Dasawisma serta TP PKK Nagari dalam mempromosikan gemar makan ikan ini kepada Masyarakat dan anak- anak di Nagari Silantai ini,” terang Yulizar. Andri Kampai