Masyarakat Sikabu Limapuluh Kota Nikmati Air Bersih Pamsimas

237

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Keinginan masyarakat Sikabu mendapatkan sarana air bersih akhirnya terwujud. Hal ini ditandai dengan peresmian dan serah terima program Pengadaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di lokasi objek wisata Kayu Kolek, Jorong Sikabu Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang Kecamatan Luak, kemarin.

Peresmian ini dilakukan bupati LImapuluh Kota Irfendi Arbi diwakili oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat, Yunere Yunirman dan didampingi Camat Luak, Muhtil Wahyudi, wali nagari, tokoh masyarakat beserta masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Yunere Yunirmasn menyampaikan apresiasinya atas partispasi dari masyarakat dalam mesukseskan program Pamsimas ini, sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih yang mengalir sampai kerumah. “Kita sangat bangga atas partispasi masyarakat dalam program Pamsimas ini. Sehingga program ini bisa terlaksana dengan baik untuk ketersediaan bersih. Kita berharap agar bisa dijaga agar berkelanjutan,” ujarnya.

Dikatakannya, Program ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan akses air minum dan sanitasi secara berkelanjutan. “Sarana Air Minum dan sanitasi yang sudah terbangun ini bisa dimanfaatkan dan dipelihara masyarakat secara berkelanjutan serta masyarakat bisa meningkatkan kesadaran hidup bersih sehat,” tambahnya.

Senada juga diungkapkan, Distric Coordinator Pansimas Limapuluh Kota, Rosnimar, menurutnya setelah penyerah terima program ini masyarakat diminta terus menjaga agar manfaat keberdaan Pansimas benar-benar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Melalui peningkatan akses air minum dan sanitasi secara berkelanjutan ini, akhirnya kita bisa menikmati air bersih untuk kebutuhan harian. Mudah-mudahan kedepan bisa melahirkan banyak manfaat bagi masyarakat dengan adanya air bersih, sanitasi sehat, mampu mewujudkan warga produktif untuk mencapai kesejahtaraan,” ungkapnya

Sementara itu, tokoh masyarakat Dt Panduko Sarwonso dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan pemerintah nagari yang terus memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama dalam program air bersih ini. Katanya, masyarakat sangat senang sekarang bisa menikmati air bersih yang bisa mengalir hingga ke rumah.

“Alhamdulilah, berkat kerja bhakti akhirnya kegiatan ini bisa terlaksana. Air bisa kita nikmati hingga dalam rumah dengan sanitasi yang bersih sesuai standar kesehatan, sekarang yang terpenting bagimana kita bisa memanfaatkan hal ini,” ujarnya.

Program pansimas yang menggunakan anggaran pemerintah dan swadaya masyarakat, serta iuran partispastif dengan total 350 juta ini bakal mengaliri 220 rumah warga. Untuk tahap awal ini diperkirakan akan mengaliri 165 unit rumah warga. “Terimakasih kepada tim Pamsimas yang sukses mewujudkan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. Suwanda