Sambut HJK Sijunjung, Kesbangpol dan Linmas Sijunjung Gelar Sosialisasi dan Dialog Pencegahan Konflik

139

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam rangka kondusifitas dan stabilitas daerah menyongsong peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung Ke-69 tahun 2018, Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan Sosialisasi dan Dialog Antisipasi Konflik di gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Senin (22/1).

Acara sosialisasi ini dibuka Bupati Sijunjung Yuswir Arifin serta dihadiri juga oleh Ketua Kominda Provinsi Sumatera Barat Budiman, Unsur Forkopimda, staf ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengharapkan, kedepan semua pihak harus paham tentang kondisi dan situasi yang ada di daerahnya. “Karena, kalau kita tidak mengerti dan paham akan situasi ini akan mudah nantinya terjadi konflik,” ujarnya.

Bupati berpesan kepada peserta terkait penanganan konflik, khusus bagi Camat agar merespon secara cepat dan menyelesaikan secara damai semua permasalahan di masyarakat.

“Serta tingkatkan efektifitas, keterpaduan dan sinergitas antara Forkopimcam.Tingkatkan koordinasi antara camat dan walinagari serta ketua KAN dalam mencegah dini terhadap potensi konflik yang ada,” tegas Bupati.

Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung, Drs. Yunani, SE. M. Si dalam laporannya menerangkan, sosialisasi ini dilaksanakan atas dasar Undang-undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial, serta berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 42 Tahun 2015 tentang pelaksanaan koordinasi penanganan konflik sosial.

“Maka dilaksanakanlah sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman deteksi dini dan cegah dini dalam mengantisipasi potensi konflik yang ada, serta menyamakan persepsi, peran, solidaritas dan sinergitas antar seluruh komponen pemerintahan dengan masyarakat dalam penanganan konflik,” paparnya.

Sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari dan diikuti oleh 117 orang peserta, yang terdiri dari Camat, Waliagari dan Ketua KAN se- Kabupaten Sijunjung. Andri Kampai