Tingkatkan Produktivitas Nagari, TPID Kecamatan Batang Kapas Gelar Bimbingan Teknis Inovasi

173
Acara bimbingan teknis Replikasi Inovasi Desa/Nagari Kecamatan Batang Kapas. Ist.

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Walinagari dan Badan Musyawarah Se Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan ikut bimbingan teknis Replikasi Inovasi Desa/Nagari, Rabu (3/1-2018). Acara yang digagas TPID Batang Kapas itu dilaksanakan di Nagari IV Koto Hilie.

“Ini adalah Program Inovasi Desa (PID) guna mendorong peningkatan produktivitas desa,” sebut Ketua TPID Batang Kapas, Rega Desfinal.

“Ada tiga strategi untuk mewujudkannya, yaitu pemgembangan kewisahusahaan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan infrastruktur,” tambahnya.

Ditambahkan Rega, PID membangun dua level inovasi pembaharuan, yaitu praktik pembangunan dan penukaran pengetahuan.

“Dua unsur tersebut akan memberi kontribusi signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Rega, PID juga menjawab kebutuhan desa-desa terhadap layanan teknis yang berkualitas, marangsang munculnya inovasi dalam pengunaan dana desa secara tepat dan efektif.

Camat Batang Kapas Zoni Eldo menambahkan, setiap nagari harus memberikan perhatian lebih terhadap potensi yang ada. “Potensi tersebut mesti dikembangkan dan dikelola dengan baik dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Rismayarno, Pendamping Desa menuturkan, program ini dapat mendorong efektifitas pengunaan dana nagari, dan selanjutnya peningkatan aktifitas dan kapasitas pengelolaan program di masing-masing nagari. Rilis/RD