Tusuk Petugas, Pelaku Curanmor Didor Jajaran Polres Sijunjung

1355
Kapolras lihat tersangka curanmor penusuk petugas yang didor dirawat di rumah sakit Sijunjung. Ist

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Gila, rupanya pencurian kenderaan bermotor (Curamor) menggunakan kekerasan tak pandang bulu. Bahkan polisi pun diserang hingga mengalami luka-luka. Tak ayal, polisi pun melepaskan tembakan. Door..door! Timah panas pun bersarang di kedua kaki tersangka, tumit dan lutut tertembus peluru hingga rebah.

Setidaknya kejadian itu menimpa Bripka Rahmah Hidayat anggota Reserse Kamang Baru, Polres Siijunjung, Propinsi Sumatera Barat, dan terpaksa dirawat. Setidaknya ada 12 jahitan di kepalanya akibat serangan secara membabibuta dilakukan tersangka curanmor dan curas, bernama Kaidir, 30 tahun, warga Kabupaten Muaro Bungo, Jambi, saat tersangka diburu Polsek Kamangbaru yang dipimpin kapolsek AKP Lazuardi, pada Selasa (30/1/2018) dini hari di Muaro Bungo.

Peristiwa itu berawal ketika adanya laporan dari salah seorang warga yang melaporkan kehilangan sepeda motor miliknya dengan Nopol BA 5191 VZ jenis Honda Beat saat diparkirkan di Hotel Pink yang terletak di Nagari Muaro Takuang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung pada Selasa (30/1/2018) dini hari kemarin.

Mendapat informasi tersebut, jajaran Polsek Kamang Baru, dibawah komando Kapolsek AKP Lazuardi melakukan pengejaran terhadap pelaku yang diketahui melarikan diri ke arah Kabupaten Dharmasraya.

Selang beberapa waktu, petugas akhirnya berhasil mengamankan pelaku yang sedang mengendarai motor curian tersebut. Dari keterangan pelaku, ia hanya berperan sebagai pembawa motor tersebut, sedangkan yang melakukan pencurian adalah rekanya yang bernama Kaidir, 30 tahun, yang telah melarikan diri terlebih dahulu ke Muaro Bungo, Jambi.

Petugas pun tak ingin kehilangan jejak dan melakukan perburuan terhadap pelaku. Akhirnya petugas menemukan pelaku sedang mengemudikan sebuah truk batu bara di daerah Muaro Bungo, Jambi.

Disaat petugas akan melakukan penangkapan, pelaku Kaidir mengeluarkan sebuah obeng dan menusuk salah seorang anggota polisi bernama Bripka Rahmat Hidayat anggota Reserse Polsek Kamang Baru, sehingga ia mengalami luka di bagian kepala dan mendapat 12 jahitan.

“Pelaku sempat duel dengan petugas, dan menusuk dengan sebuah obeng. Melihat ada anggota kita yang terluka, petugas yang lain langsung bergerak cepat dan menembak kedua kaki pelaku untuk melumpuhkanya. Anggota yang terluka segera kita larikan ke rumah sakit,” tutur Kapolres Sijunjung AKBP Imran Amir, Rabu (31/1/2018).

“Jadi pelaku yang melakukan perlawanan ini adalah otaknya, dia mencuri motor menggunakan kunci T, sedangkan yang satu lagi berperan sebagai pembawa kendaraan hasil curian. Selain itu, didalam mobil pelaku ini kita juga menemukan alat hisap shabu jenis bong, dan diduga pelaku telah memakai narkoba sebelumnya,” ungkap Kapolres AKBP Imran Amir.

Dijelaskan oleh Kapolres, saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan dan pelaku masih dimintai keterangan, diduga masih ada TKP lainya.

“Kita masih melakukan penyidikan dan pengembangan terkait kasus ini, kemungkinan pelaku ini sudah pemain lama. Kita menegaskan, untuk pelaku kejahatan seperti curas dan curat seperti ini tidak ada toleransi, kita perintahkan untuk tembak ditempat, apalagi yang melukai petugas,” tegas AKBP Imran Amir. Saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here