Warga Tuik IV Koto Mudiak Gelar Sholat Gerhana Bulan

208
Kondisi gerhana bulan di Kanagarian Tuik IV Koto Mudiak, Batang Kapas. Rega

JURNAL SUMBAR I PESISIR SELATAN– Warga Kanagarian Tuik IV Koto Mudiak Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar salat Khusuf berjamaah terkait fenomena gerhana bulan total atau Super Blue Blood Moon. Peristiwa alam ini diprediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) terjadi pada Rabu 31 Januari 2018 pukul 18.00 WIB.

Pelaksanaan salat Khusuf ini dipusatkan di Mesjid Raya Al Jihad Tuik IV Koto Mudiak. . “Itu sudah kita imbau melalui Pengurus Mesjid dan surat resmi yang dikirim ke setiap mesjid. Nanti akan kita laksanakan secera bersama sesuai dengan waktu yang ditentukan,”jelas Pengurus Mesjid Al Jihad,Michel.

Michel menjelaskan, pelaksanaan salat Khusuf gerhana merupakan sunah Nabi Muhammad. Dengan menggelar salat gerhana kita semakin meyakini kebesaran Allah dalam setiap fenomena yang terjadi.

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan salat sunah Khusuf tidak harus dilakukan mesjid yang ditentukan. Sebab, mengingat jarak wilayah yang jauh kemungkinan masyarakat di Batang Kapas akan melaksanakan di mesjid terdekat.

Pengurus Mesjid juga mendatangkan ustazd untuk bertasiah tentang makna dari gernaha bulan ini.

Gerhana bulan total diprediksi bakal berlangsung pada tanggal 31 Januari 2018. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumbar, fenomena alam tersebut bisa disaksikan di sejumlah tempat. Berdasarkan perhitungan, fase gerhana bulan diawali pukul 17:48 WIB, dengan total mulai terjadi pukul 19:51 WIB.

Puncak gerhana total terjadi pada pukul 20:29 WIB. Sedangkan untuk fase berakhirnya gerhana bulan total terjadi pukul 21:08 WIB dan keseluruhan fase gerhana bulan berakhir pada pukul 23:09 WIB. Rega Desfinal