Bunda PAUD Sijunjung Tinjau Kesiapan PAUD Percontohan Sambut Menteri Pendidikan

293

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Ny. Endra Yuswir Arifin meninjau persiapan dari anak- anak PAUD Percontohan di Lapangan Tuah Sakato Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Rabu (14/2),

Persiapan ini adalah dalam rangka kedatangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang rencananya akan dihadiri oleh Ditjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kamis (15/2) yang akan disambut dengan tari gelombang oleh anak anak paud ini nantinya.

Kedatangan Ditjen Kebudayaan ini rencananya adalah menyaksikan acara Gebyar PAUD, Prosesi Menumbuk Padi dan Festival Lansek Manih sekaligus kunjungan Indojalito Peduli, dan semua ini adalah dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sijunjung ke 69 tahun 2018 ini.

Acara Gebyar Paud dan Menumbuk Padi ini sekaligus untuk mendapatkan rekor MURI dengan peserta menumbuk padi dengan lesung lebih kurang 340 buah dan gebyar anak paud melukis di atas kain putih yang panjangnya diperkirakan minimal 1.200 meter dengan peserta minimal 3.000 orang peserta.

Rangkaian acara ini nantinya direncanakan pada pukul 08.00 – 09.00 WIB, Ditjen Kebudayaan, Panitia MURI dan undangan lainnya dijamu dengan sarapan pagi di rumah dinas Bupati Sijunjung, kemudian rombongan pada pukul 09.30 – 10.00 WIB menuju tempat acara yang akan disambut dengan tari gelombang oleh anak anak paud dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita sambil diiringi lagu terima kasih ayah bunda oleh grub nyanyi pendidik PAUD ini nantinya.

Pada pukul 10.00 – 11.30 WIB rombongan berjalan kaki di sepanjang peserta gebyar dan menumbuk padi yang jaraknya 1.200 meter ini, sementara Panitia Muri melakukan visitasi dan evaluasi sambil berjalan, setelah sampai di ujung gebyar, rombongan kembali menuju tenda utama yang terletak di depan Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung.

Pukul 11.30 – 12.00 WIB dilanjutkan dengan Festival Tenun Unggan yang diikuti oleh siswa SD dan SMP, dan pada pukul 12.00 – 13.00 WIB dilanjutkan dengan acara inti yang dilaksanakan di tenda utama, sekaligus mendengarkan pengumuman dari tim Muri dan kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Pada malamnya, Ditjen Kebudayaan, Panitia Muri, Bupati dan Wakil Bupati, Unsur Forkopimda, Indojalito Peduli, Kepala OPD dan undangan lainnya akan dijamu makan malam di rumah dinas Bupati Sijunjung yang diselingi dengan acara hiburan. Andi Kampai