Dagperinkop dan UKM Sijunjung Bina Perajin Batik

148

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Dagperinkop dan UKM) Kabupaten Sijunjung terus memberikan perhatian kepada perajin batik, tenun dan bordir.

Seperti, Selasa (19/2/2018), Sekretaris Dinas Dagperinkop dan UKM Kabupaten Sijunjung, Yan Rivaldi didampingi Kepala Bidang Perindustrian, Hendri Nurka mengunjungi kelompok perajin batik Saraso Nagari Muaro Takuang Kecamatan Kamang Baru.

“Selain berintegrasi dan memberi semangat kepada perajin batik, kedatangan kami juga mengabari adanya pelatihan lanjutan bagi 16 perajin batik Saraso Nagari Muaro Takuang,” ucap Kepala Bidang Perindustrian, Hendri Nurka.

Pelatihan lanjutan bagi perajinan batik itu, sambung Hendri Nurka, akan dilaksanakan Maret mendatang di Balai Diklat Industri (BDI) Padang.Kegiatan ini dimaksud untuk meningkatkan kualitas dan produksi sehingga memiliki nilai jual baik lokal maupun nasional.

Disamping membatik, perajin batik Saraso Nagari Muaro Takuang ini juga sudah bisa menjahit dan membordir. “Pelatihan lanjutan ini guna meningkatkan produksi batik dan ditargetkan bisa menembus pasar, apalagi mereka sudah bisa menjahit dan membordir,” harapnya.

Saat ini, perajin batik Saraso Nagari Muaro Takuang sudah mendapat order atau pesanan untuk membuat batik dari anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Sarikal.

Ia menyebutkan ada beberapa motif yang dipesan anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar ini, yakni motif kacang belimbing dan rumah gadang bagonjong enam.

“Motif rumah gadang bagonjong enam ini segaja dipesan Pak Sarikal karena merupakan ciri khas rumah gadang di Nagari Muaro Takuang,” tuturnya. Azet Humas