Dibina BBPLK Bekasi, Disnakertrans Sijunjung Rekrut Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi

355

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, melaksanakan rekrutmen peserta pelatihan berbasis kompetensi oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa (27/2/2018).

Acara yang dibuka oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin ini juga dihadiri oleh Kepala BBPLK Bekasi yang diwakili oleh Kabid Program dan Evaluasi Yudi Hermawan, S.Ant, M.Si beserta rombongan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dan Camat serta undangan lainnya.

“Ikutilah dengan baik rekrutmen peserta pelatihan berbasis kompetensi ini, kalau nanti lolos seleksi, ikuti semua apa yang menjadi target pelatihan dengan sengguh-sungguh serta tanamkam tekat dan semangat bahwa kita mampu,” kata Bupati Yuswir Arifin saat memberikan sambutannya.

Bupati menyebutkan bahwa pelatihan ini merupakan program nasional, dan diharapkan bagi peserta untuk mengikutinya dengan baik, serta berusahalah semaksimal mungkin agar bisa lolos nanti.

Dilihat dari pertumbuhan angkatan kerja yang banyak, tiap tahun tamat sekolah terus bertambah, ini mengakibatkan persaingan kerja semakin berat, sementara lapangan pekerjaan sangat sedikit. “Untuk itu kita sangat bersyukur sekali dengan adanya pelatihan ini, dan diharapkan kepada peserta betul-betul serius mengikutinya,” tambahnya.

Serta melalui pelatihan ini, lanjut Bupati, akan dibentuk dan diproses sebagai seorang pekerja yang handal. “Maka setelah selesai pelatihan nanti, setiap peserta bisa disalurkan bekerja lansung di perusahaan manapun, dan diharapkan bagi peserta untuk siap menerima ini,” ujarnya.

“Jadikanlah pelatihan ini bisa merubah sikap mental, jangan selalu mengandalkan perhatian dari orang tua, dan mulailah merubah sikap dari sekarang,” harapnya.

Ditegaskan, sertifikat yang diterima selesai mengikuti pelatihan ini nanti adalah suatu jaminan untuk bisa mendaftar di perusahaan manapun. “Itu adalah suatu keuntungan bagi kita. Untuk itu, ikutilah dengan baik, mudah-mudahan semua peserta bisa diloloskan oleh BBPLK,” harap Bupati lagi.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung Riky Mainaldi Neri, SSTP, M.Si menyampaikan dalam laporannya bahwa pelatihan ini merupakan kerja sama antara pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Nakertrans dengan BBPLK Bekasi.

Kadis Riki menambahkan, BBPLK Bekasi ini telah diakui oleh Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia, baik dari segi proses belajar mengajar maupun para instruktur yang profesional, serta sudah memiliki mitra binaan dan kerjasama dengan berbagai perusahaan di Indonesia.

“Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini, peserta nantinya bisa langsung bekerja di berbagai perusahaan tersebut,” terangnya.

Rekrutmen pada tahap pertama ini diikuti 120 orang dan akan dikirim sebanyak 100 orang generasi muda, rencananya akan mengikuti pelatihan selama satu setengah bulan, dimulai pada tanggal 5 Maret nanti, serta akan mengikuti program seperti Animator, Client Server programing, clout computing, IT for solution bussines, network profesional, web developer dan beberapa program lainnya.

“Kepada peserta akan difasilitasi transpor PP, asrama, makan, pakaian kerja, laundry pakaian, safety shoes, asuransi, sertifikat pelatihan, sertifikat BNSP,” terang Kadis Riki. Andri Kampai