Hadapi Porprov, KONI Sijunjung Lakukan Pembinaan kepada Cabor

282
Sasmi Ultriadi

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sijunjung, Sasmi Ultriadi mengharapkan koordinasi dan pembinaan yang baik bagi seluruh Cabang Olahraga (Cabor) untuk menghadapi Pra Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) tahun 2018 ini.

Hal itu disampaikannya, pada saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Ruang Rapat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Rabu (21/2/2018).

Rakor ini dibuka oleh Ketua Umum KONI Sumbar, yang diwakili Wakil Ketua Umum IV bidang prestasi, Ir. Ali Musri, M,Eng.serta dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Drs. Syahrial, MM, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung, Yofritas, MT, serta seluruh Pengurus Cabor di Kabupaten Sijunjung.

Ketua Umum KONI, Sasmi Ultriadi yang didampingi Wakil Ketua II Ara Fitri, Sekretaris Umum, Iswandi Ramora, Wa­kil Sekretaris Hasmeri Ham­jas, Bendahara Antonio Oksa, SE, mengatakan, untuk menghadapi Porprov ke XV di Kabupaten Padang Pariaman nanti, merupakan kerja yang berat bagi KONI Sijunjung.

“Nah, untuk itu perlu kita adakan koordinasi dan pembinaan yang baik serta berkelanjutan bagi setiap cabang olahraga. Ini semua dilakukan untuk mencapai target 10 besar di Porprov ke XV tahun 2018 ini hendaknya,” ucap Ultriadi.

Ditambahkannya, dalam rangka pembinaan tersebut KONI menghadirkan narasumber dari Dinas Pengelolaan Keuangan Aset Daerah(DPKAD) dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kantor Bupati Sijunjung.

Dari DPKAD yang menghadirkan Rasyid El Ridha, membahas tentang bagaimana pelaporan keuangan dari Cabor nantinya ke KONI, ini bertujuan agar tidak ada persoalan dalan pelaksanaan kegiatan dan pelaporan keuangan itu sendri.

“Karena berpedoman dari tahun sebelumnya, masih ada kekurangan dan keterlambatan dari cabor untuk melaporkan dana pembinaan yang telah diberikan pemerintah daerah melalui KONI ini,” imbuh Ultriadi.

Sementara di Bagian Hukum disampaikan Miswita MM menerangkan tentang administrasi dilihat dari hukum, serta bagaimana menyoroti laporan pertanggungjawaban keuanagn dari cabang olahraga.

Karena ketika ada kelalaian dalam melaporkan dana yg diterima oleh masing-masing cabor akan berakibat melanggar aturan hukum dalam menggunakan dana hibah dari pemerintah daerah ini.

Yang tidak kalah hebatnya, DPKAD Kabupaten Sijunjung mengapresiasi KONI, karena tercepat di Sumbar dalam pencairan dana hibah KONI. Ini adalah salah satu bentuk wujud dalam memajukan olahraga di Kabupaten Sijunjung, terutama dalam rangka menghadapi PORPROV ke XV di Padang Pariaman nanti. Andri Kampai