Hebat, Pessel Punya Rumah Tunggu Kelahiran Untuk Keluarga Tidak Mampu

488
Lisda Hendrajoni dan pejabat Dinkes Pessel resmikan rumah tunggu kelahiran di Painan, Senin (19/2-2018). Ist.

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni dan Dinas Kesehatan setempat meresmikan Rumah Tunggu Kelahiran di Rawang, Painan, Senin (19/2-2018). Rumah Tunggu ini diadakan untuk ibu hamil yang akan melahirkan, khususnya dari keluarga tidak mampu dan rumahnya jauh dari rumah sakit.

Dikesempatan itu Lisda Hendrajoni menjelaskan, Rumah Tunggu Kelahiran ini sangat membantu ibu hamil yang akan melahirkan.

“Rumah Tunggu Kelahiran ini akan menjadi alternatif sementara agar pasien tidak bolak balik, dan dapat dipantau dengan mudah, sehingga kematian bayi dapat diantisipasi,” ujar Lisda.

Rumah Tunggu Kelahiran ini menyediakan fasilitasi transportasi atau ambulan gratis dan makan pasien, termasuk untuk keluarga yang menunggu.

“Mudah-mudahan Rumah Tunggu Kelahiran ini bermanfaat bagi ibu hamil, dan dapat menekan angka kematian bayi seminim mungkin,” harapnya.

Seperti diketahui, Pesisir Selatan memiliki daerah pantai sepanjang 240 kilometer lebih. Sementara rumah sakit baru ada di Painan dan di Tapan. Selebihnya hanya ada puskesmas rawatan. Rega Desfinal