Heboh, 33 Warga Sijunjung Keracunan Makanan

2496
Seorang pasien keracunan makanan sedang dirawat. (Ist.)

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Heboh. Masyarakat Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, digegerkan atas banyak korban berjatuhan akibat “keracunan” makanan pensi dan dan langkitang.

Setidaknya hingga, Senin (5/2/2018) sekitar pukul 16.00 WIB tercatat sebanyak 33 korban keracunan makanan dirawat di Puskesmas Muaro Gambok dan dua orang diantaranya terpaksa dirujuk ke RSUD Sijunjung karena diduga gejalanya berlebihan dan shock.

“Sejak Minggu (4/2/2018) malam sekitar pukul 21.00 WIB para korban sudah dirawat dan hingga pagi Senin (5/2/2018) sampai sore terus berrambah,” kata salah seorang petugas yang menangani kasus korban keracunan makanan itu.

“Semua keluhan korban dan penyebabnya sama. Munta-muntah dan menceret dengan riwayat makanan sama makan pensi dan lengkitang,” tambah petugas itu.

Dari ke-33 korban keracunan makanan itu, diantaranya, 6 orang anak-anak, 8 orang remaja dan 19 orang dewasa. “Tapi diantara pasien sudah ada yang pulang setelah mendapatkan perawatan. Yang tersisa ada enam orang lagi dan itu pun pasien yang masuk siang dan sore,” ujar dr. Fani kepada Jurnal Sumbar, Senin (5/2/2018).

Informasi yang diperoleh, makanan pensi dan lengkitang itu dibeli warga dari pedagang di Muaro. Setelah menikmati makanan tersebut korban merasa mual-mual, muntah, sakit kepala dan menceret.

Untuk mengetahui lebih jelas soal makanan diduga penyebab keracunan korban itu, pihak terkait membawanya ke labor BPOM Padang.

Belum diketahui secara jelas terkait soal penjual makanan tersebut. Namun di dapati informasi pihak polisi lagi mengumpulkan informasi termasuk menunggu hasil penelitian labor BPOM Padang.

“Saat ini masih dalam pengumpulan informasi dan pengumpulan data,” kata Paur Humas Polres Sijunjung, Iptu Nasrul kepada Jurnal Sumbar, Senin (5/2/2018) sore membenarkan kasus korban keracunan itu. Saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here