HPN 2018, Presiden Jokowi Dijadwal Kunjungi Embung Nagari Sitiung

1402
Tim Kementerian Desa dan Dinas PMN Sumbar beserta Pemkab Dharmasraya meninjau Embung Nagari Setiung yang akan dikunjungi Presiden Jokowi. Ist.

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Firmanto dan Akral mendampingi Staf Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi RI ke Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Kamis (1/2-2018). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau lokasi pembangunan Embung di Sitiung, tepatnya di Jorong Sitiung Agung.

Direncanakan, Embung ini merupakan salah satu yang akan dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, sekaligus akan dilaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan beberapa proyek infrastruktur di wilayah Kabupaten Dharmasraya, dan Pencanangan Program Padat Karya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) yang puncaknya dilaksanakan 9 Februari tahun 2018 di Padang.

Menurut Walinagari Sitiung Yulisman, embung ini luasnya lebih dari satu hektar dan direncanakan nantinya tidak hanya untuk cadangan air untuk lahan pertanian saja, tetapi bisa untuk multi fungsi seperti destinasi wisata air, pertanian, perikanan, perkebunan dan lain-lainnya, hal ini diamini oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dharmasraya Abdi Ambri.

Staf dari Kemendes RI adalah Iwan dan Eko Purnomo mengatakan bahwa Kemendes akan mengucurkan dana 270 juta untuk pembangunan embung ini, untuk itu perlu ditinjau lokasi dan pemanfaatannya, terutama luas lahan persawahan dan perkebunan yang akan diairi.

Pilihan untuk hasil embung dan juga sangat pantas pula dikembangkan untuk objek atau destinadi wisata. Mereka berharap untuk segera dibuatkan proposalnya dan segera dikirim ke Kemedes RI.

Kadis PMD Dharmasraya langsung berkoordinasi dengan Kadis PU Dharmasraya untuk menyiapkan Proposal pembuatan embung ini sesegera mungkin, lengkap dengan kajian teknisnya.

Kadis PMD juga meminta arahan dan pembinaan kepada DPMD sumbar dalam menghadapi pembangun dan Pemberdayaan Masyarakat di Dharmasraya. Rilis / Akral

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here