Ikon Sijunjung, Gubernur Irwan Prayitno Minta Lansek Manih Dikembangkan Lagi

308
Irwan Pratitno. Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Masih dalam rangka Sidang Paripurna memperingati Hari Jadi Kabupaten Sijunjung yang ke 69 yang dilaksanakan di ruang utama DPRD Kandang Baru, Kabupaten Sijunjung pada Minggu (18/2/2018).

Saat memberikan sambutannya Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, sampaikan ke pemerintah kabupaten Sijunjung, agar menggalakkan kembali penanaman pohon lansek di tengah-tengah masyarakat setempat.

Didepan para undangan yang hadir disidang paripurna hari jadi kabupaten Sijunjung yang ke 69 ini, Gubernur Irwan Prayitno lebih jauh menyampaikan, Sijunjung yang terkenal dengan Ranah Lansek Manih ini, akhir-akhir ini tidak terdengar lagi lanseknya, artinya buah “lansek manih”  itu sudah sangat jarang sekali muncul di pasar.

Dengan demikian, untuk menggalakkan tanaman lansek ini kembali, dan supaya menjadi penghasilan rumahan bagi masyarakat Sijunjung, maka bibit-bibit lansek ini diberikan gratis kepada masyarakat setempat, maka dengan ini juga kesejahteraan masyarakat bisa ditingkatkan.

Dengan demikian, “Lansek Manih” yang menjadi ikon Sijunjung, kembali terlihat, dan ini perlu didorong oleh Pemerintah Kabupaten Sijunjung, kepada masyarakatnya, supaya masyarakat setempat bisa memanfaatkan lahan-lahan kosong dengan menanam pohon lansek itu kembali. Andri Kampai