Kelompok Tani Ujung Padang Nagari Tanjung Panen Perdana Cabe Merah

295

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menggelar acara panen perdana Field Day Cabe Merah kegiatan peningkatan produksi dan produktifitas tanaman hortikultura tahun anggaran 2018.

Acara yang dilaksanakan di hamparan kelompok tani Ujung Padang Nagari Tanjuang Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung pada Senin (19/2/2018) ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati, Drs. Syahrial, MM.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh kabid Fitra Yeni, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Ning Wisma Utami SP, MSi, Camat Koto VII Veri Satria beserta Koramil Koto VII, Walinagari se Kecamatan Koto VII dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Syahrial mengucapkan selamat kepada kelompok tani Ujung Padang yang telah berhasil memanen cabe merah dengan luas satu hektar ini, dan telah panen sebanyak 19 kali.

“Diharapkan juga kepada kelompok tani yang lain, yang ada di Kabupaten Sijunjung supaya menyusul kelompok tani Ujung Padang ini untuk panen cabe merah. Semoga hasil panennya juga melimpah dan berhasil hendaknya,” ujarnya.

Dengan banyaknya kelompok tani yang ada dikabupaten Sijunjung, diharapkan kedepannya pertanian kita meningkat, khusus untuk cabe merah ini. “Biasanya kita membeli cabe merah yang datang dari luar, sekarang kita bisa membeli cabe merah dari daerah kita, dan harganya bisa lebih murah,” katanya.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ning Wisma Utami menjelaskan, kegiatan panen perdana Field Day pengembangan Cabe Merah kegiatan peningkatan produksi dan produktifitas tanaman hortikultura tahun ini adalah kegiatan pengembangan cabe yang dianggarkan tahun 2017.

Di Kabupaten Sijunjung terdapat 27 kegiatan pengembangan cabe, salah satunya adalah kegiatan penanaman cabe merah yang ditanam oleh kelompok tani Ujung Padang Nagari Tanjuang ini.

Ning Wisma menambahkan, kelompok tani Ujung Padang ini adalah kelompok pertama yang melakukan panen Field Day cabe merah dari 27 kelompok kegiatan tersebut yang luas lahannya sekitar 1 hektar. “Telah melakukan panen sebanyak 19 kali, mulai dari bulan Desember tahun 2017 sampai saat ini telah memanen cabe merah lebih kurang 3 ton,” jelas Ning Wisma. Andri Kampai.