Kepala BNPB Canangkan Silokek sebagai Kawasan Geopark Nasional

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Inilah hari bersejarah bagi masyarakat Silokek khususnya dan umumnya masyarakat Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat. Betapa tidak, bersamaan peresmian jalan Muaro-Silokek, Kamis (8/2/2018), ternyata juga dilaksanakan pencanangan bersama kawasan Silokek sebagai Kawasan Geopark Nasional (KGN).

Pencanangan Kawasan Geopark Nasional secara bersama itu dilaksanakan Bupati Sijunjung dan Kepala BNPB yang dipusatkan di Pasir Putih Nagari Silokek.

Prosesi pencanangan itu terlihat meriah dan sukses. Apalagi kegiatan tersebut menghadirkan Kepala BNPB diwakili Deputi III Rehap Rekon BNPB RI Harmensyah, Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Arrival Boy, Ketua DPRD Yusnidarti, unsur Forkopimda,Tim Ahli Geopark Sumatera Barat, Dr. Febrin, Dipl. SE. MM, Ketua TP PKK, Kepala OPD, Camat Sijunjung, Wali Nagari Muaro, Silokek dan Durian Gadang serta undangan lainnya pun tumpah dalam acara tersebut.

Sebelum acara puncak, Deputi III dan undangan lainnya disuguhkan dengan penampilan tari massal yang dimainkan oleh murid SDN Silokek. Acara itu pun diawali dengan laporan Kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung, Yofritas, ST. MT, tentang acara pencanangan Geopark.

Kemudian dilanjutkan dengan expose mengenai kawasan Geopark Silokek oleh tim ahli Geopark Sumbar yang disampaikan oleh Dr. Febrin, Dipl, SE. MM tentang Geopark.

Disebutkannya, Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur Geologi. Di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya.

PERANTAU SIJUNJUNG

“Istilah geopark merupakan singkatan dari “Geological Park” yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi,” sebut Dr. Febrin.

Dikatakannya, Taman Wisata Silokek adalah termasuk salah satu dari sembilan Geopark Ranah Minang yang ada di Sumatera Barat. Seperti Geopark Ngarai Sianok, Danau Maninjau, Tarusan Kamang, Lembah Harau, Danau Kembar, Sawahlunto, Goa Batu Kapal, dan Silokek.

Bupati Yuswir Arifin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim ahli Geopark Sumbar, terutama karena telah mau membantu dalam pencanangan Silokek menjadi wisata Geopark Nasional.

Bupati juga mengharapkan kepada tim ahli, Geopark Sumbar supaya lebih mendahulukan pembangunan dan pengembangan wisata Silokek.

Kepala BNPB di wakili Deputi III Harmensyah juga mensuport tentang Wisata Geopark Nasional Silokek tersebut. Deputi berjanji akan membantu nantinya untuk pengembangan dan mempromosikan Silokek ini nantinya.

Acara pencanangan Geopark itu ditandai dengan penandatanganan oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dengan Kepala BNPB yang diwakili oleh Deputi III Rehab Rekon RI Harmensyah. Andi/Saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.