KPU Pessel Nyatakan 12 Parpol Lolos Verifikasi Faktual

545
Komisioner KPU Pessel serahkan berkas verifikasi faktual kepada salah seorang perwakilan parpol. Ist

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan hasil verifikasi faktual kepada 14 partai politik lama untuk ikut pesta demokrasi pada tahun 2019 mendatang.

“Semua hasil verifikasi sudah kami serahkan dan semua memenuhi syarat wajib yang ditetapkan, seperti kantor, keberadaan ketua, sekretaris, bendahara, serta sampel anggota partai dan keterwakilan perempuan di partai tersebut,” kata Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar disela penyerahan verifikasi di ruangan rapat kantor KPU setempat Jumat (2/2/2018).

Epaldi menambahkan, dalam verifikasi faktual yang dilakukan pihaknya, tidak ada pembedaan. Bahkan, verifikasi ini juga dihadiri dan diawasi Bawaslu setempat.

“KPU tidak membedakan setiap partai politik yang akan menjadi calon peserta Pemilu 2019. Persyaratan sama dan tidak ada perlakuan istimewa untuk setiap partai politik,” ujarnya.

Dengan selesainya penyerahan hasil verifikasi faktual hari ini, hanya 12 partai lama dinyatakan lolos verifikasi faktual tingkat Kabupaten.

Ke-12 partai tersebut adalah Partai Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar).

Kemudian, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), ungkapnya.

“Kami serahkan langsung kepada perwakilan masing-masing partai, dimana berkas yang diserahkan itu berisi hasil verifikasi faktual yang kami lakukan beberapa hari lalu,” ujarnya.

Epaldi mengatakan hasil verifikasi tersebut perlu diserahkan agar partai politik yang dinilai belum memenuhi syarat (BMS) bisa segera melengkapi dokumen atau berkas sebagai salah satu syarat menjadi peserta pemilu nantinya,” tutupnya. Rega Desfinal