Musrenbang Kecamatan Silaut, Bupati Hendrajoni Dorong Pemerataan Pembangunan dan Peningkatan Pelayanan

234
Poto bersama usai Musrenbang Kecamatan Silaut. Ist.

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Musrenbang RKPD Kecamatan Silaut yang dibuka oleh Bupati Hendrajoni menekankan pada pemerataan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik. Hal ini bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas.

“Perlu dukungan semua pihak, sinergitas eksekutif, legislatif dan masyarakat mulai dari perencanaan hingga evaluasi kegiatan,” pesan Hendrajoni.

Dalam arahannya, Bupati meminta dalam merencanakan pembangunan saat ini, perlu pemetaan potensi dan kegiatan di setiap instansi pemerintah. Dengan demikian hasil yang dicapai dapat diukur secara empiris dan berkwalitas.

Sejalan dengan itu, Camat Silaut, Syamwil, S.STP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan, pada tahun 2018 ini seluruh nagari di wilayahnya akan melakukan pemetaan potensi nagari/desa. Pemetaan potensi ini akan melibatkan akademisi. Diharapkan hasil pemetaan ini akan dijadikan data base bagi nagari dalam perencanaan pembangunannya.

Untuk pengelolaan dana desa di nagari, Bupati berpesan agar setiap nagari melaksanakan penggunaan anggaran sesuai dengan aturan dan kegiatan Padat Karya. Agar masyarakat dapat menikmati dana desa dan memelihara hasil pembangunan tersebut dengan penuh tanggung jawab.

“Saya instruksikan kepada Walinagari jangan melakukan penyimpangan Dana Desa ini, ini (Dana Desa) milik masyarakat dan amanah. Jangan coba-coba menyimpang,” tegas Hendrajoni.

Musrenbang RKPD Kecamatan Silaut ini juga dihadiri Sekretaris Daerah, Ir. Erizon, M.T beserta sejumlah Kepala OPD. Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota Legislatif DPRD Pesisir Selatan, Kusmanto dan Igun Pradifta.

Pada Musrenbang ini juga dilakukan penyerahan polis asuransi ternak dari Jasindo. Adapun premi asuransi ini senilai Rp 200 ribu per ekor. Asuransi ini disubsidi oleh Pusat Rp 160 ribu dan Rp 40 ribu oleh peternak sapi. Rilis/Rega Desfinal