Pemangku Adat, 23 Ninik Mamak Nagari Limo Koto Koto VII Sijunjung Dilewakan

2564
Wabup Arrival Boy pasangkan saluak kepada salah seorang ninik mamak. Ist.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wakil Bupati Sijunjung, H. Arrival Boy, Minggu (25/2/2018) kemarin mendapat kehormatan memasangkan tanda kehormatan berupa Suluok dan Keris kepada 23 ninik mamak sebagai Pemangku Adat di Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat.

Prosesi acara malewakan sako batagak gala di Nagari Limo, Aur Gading, Koto Kecamatan Koto Koto VII yang penuh sakral itu berjalan sukses dan lancar. Acara tersebut juga dihadiri Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, Ketua lKAAM Sumatera Barat, Ketua LKAAM Sijunjung, Forkopimda, Forkopimcam dan tokoh masyarakat juga hadir dalam batagak gala sako itu.

Baliho ninik mamak yang dilewakan. Ist.

Para pemangku adat yang dilewakan itu terdiri dari, J Dt Simarajo, HF Dt Sampanlu, M Dt Pdk Sinaro, FM Dt Malin Marajo,EY Dt Tonggak Tanagan, B Dt Gunung Ameh, HJ Dt Sabatang, N Dt Gadang Majolelo,A Dt Gindo Rajo Hitam, A Dt Sampono Sati, H Dt Manggung, EE DT Rajo Muhamad, dan YA Dt Miri Alam.

Selain itu juga terdapat nama Z Malin Parmato, Z Malin Pono, S Bagindo Rajo, R Malin Pono, MI Kotik Bandaro, OH Kotik Majo Kayo, D Rajo Nan Kayo, A Peto Kari, ZR Bandaro Besar, dan S Mantiko Bungsu.

Wabup Boy dalam acara batagak gala itu menyebutkan, jabatan ninik mamak yang sakral di dalam kaum adat harus mampu di bawa, dipakai dan amanahkan kepada mereka dan diberikan gelar pusako.

“Gelar yang turun menurun dari niniek ke mamak sampai ke kemanakannya menjadi budaya yang ndak lapuak dek hujan dan ndak lakang dek paneh. Dengan jabatan sebagai pemangku adat dapat dipertanggung jawabkan kepada keluarga, kepada masyarakat dan kepada negara,” kata Arrival Boy yang juga putra kelahiran Koto VII.

“Sebagai ninik mamak dan pemangku adat, merupakan rangkaian amanah yang harus betul betul terlaksana dengan baik. Sesuai dengan sikap yang diajarkan oleh Rasul kita, .lsidiq, amanah, tabliq dan fathonah,” jelas Arrival Boy.

“Apa lagi mereka juga disumpah di hadapan orang banyak. Bagalanggang mato rang banyak, basuluoh mato hari, dengan quran sebagai saksinya. Meeka disumpah sakti. Nah, dan kalau tak melaksanakan janjinya tentu banyak yang hal hal yang akan menjadi resiko bagi mereka. Ka ateh indak bapucuok, kabawah indak baurek di tangah-tangah di giriek kumbang,” sebut Arrival Boy yang juga Ketua DPD Partai Golkar Sijunjung itu. Saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here