Polres Sijunjung Siap Amankan Kunjungan Presiden Jokowi ke Dharmasraya

942

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sambut kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo serta ibu negara, Iriana ke Propinsi Sumatera Barat, jajaran Polres Sijunjung, Rabu (7/2/2018) gelar apel pasukan kesiapan pengamanan Kunker Presiden RI.

Mulai Rabu (7/2/2018) pagi, 150 Personil Polres Sijunjung dibawah komando AKBP Haji Imran Amur, SIK, MH, akan melakukan tugas pengamanan yang dilalui rombongan Kunker Presiden RI Joko Widodo yang akan melakukan Kunker ke Kabupaten Dharmasraya.

Dijelaskan Kapolres, Polres Sijunjung siap bertugas amankan rute-rute kenderaan Presiden ke Solok dari Dharmasraya dengan jalur sangat panjang di Jalinsum. “Kita harus mempelancar dan siaga terhadap rute yang dilalui presiden yang sangat panjang,” kata Kapolres.

Meski belum pasti, kata kapolres. dimunkinkan Presiden juga bisa jadi berkunjung ke Sijunjung, termasuk mengunjungi perkampungan adat dan bisa jadi juga mengunjungi jalan Muaro Silokek.

Kapolres jnga ingatkan penampilan anggota Polres Sijunjung lebih rapi. “Dalam pengamanan jangan sampai terjadi negatif di wilayah hukum Polres Sijunjung dan harus kita amankan,” kata Kapolres.

Sayangnya, dalam apel gelar pasukan kesiapan pengamanan Kunker Presiden RI di Mapolres Sijunjung itu tak satupun dihadiri pihak Dishub Sijunjung, untungnya ada Satpol PP yang ikut apel gelar pasukan.

Rencana kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo, serta ibu negara Iriana Jokowi ke Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diperkirakan bakal mulus. Pasalnya beberapa daerah akan disambangi Jokowi. Selama berada di Sumbar Presiden telah memiliki jadwal jelas.

Kunjungan Joko Widodo bersama istrinya Iriana Jokowi, serta didampingi para Mentri kabinet kerja, yakni Sri Mulyani, Susi Pujiastuti, Pramono Anung, Pratikno, Rudiantara, Arief Yahya, Yohanna, Menkes, Mensos, Luhut Panjaitan, Puan Maharani, Darmin N, Mentri PUPR, Kepala BPN, Kapolri, Panglima TNI, Rini S, Menristek Dikti, Menteri Agama, Ketua MPR, Ketua DPR-RI, bersama anggota, Ketua DPD-RI bersama Anggota, dan Pimpinan BUMN.

Sesuai dengan jadwal telah ditetapkan protokoler kepresidenan bahwasanya RI 1 bersama rombongan bertolak dari Bandara Halim perdana Kusuma sekira pukul 08.00 WIB, dan tiba di Bandara Internasinak Minangkabau (BIM) sekira pukul 09.32 WIB, dilanjutkan dengan menaiki helikopter sekitar pukul 09.42 WIB menuju Kabupaten Darmasraya.

Setiba di Dharmasraya sekira pukul 10.30 WIB, tepatnya di Kecamatan Sitiung,  dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 3000 kepala keluarga (KK) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 1245 Pelajar berada di Kabupaten teranyar itu.

Setelah istirahat, sekira pukul 13.00, dilanjutkan dengan Penyerahan Sertifikat gratis sebanyak 4000 persil kepada masyarakat bertempat di Gedung Olahraga Sport Center, serta dilanjutkan dengan peninjauan lokasi Padat Karya di Nagari Sungai Duo kecamatan Sitiung, setelah itu menuju rumah dinas Bupati Dharmasraya dan bermalam.

Kamis (8/2/2018) sekitar pukul 08.30 WIB Take Off Helipad Kecamatan Sitiung menuju Padang-Sumbar. Sekitar pukul 09.10 WIB tiba di helipad stadion Agus Salim Padang, Joko Widodo langsung menuju Universitas Negeri Padang, menggelar kuliah umum oleh  Presiden RI.

Informasi terbaru, Presiden Jokowi dikabarkan juga bakal blusukan ke sejumlah daerah dan pasar tradisional serta perkampungan adat di Sijunjung dan juga Kota Sawahlunto sebelum melanjutkan perjalanan menuju Padang. Benarkah?

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Solok, Penyerahan KIP dan PKH. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Kabupaten Tanah Datar, melalui jalan darat. Lansung meninjau desa padat karya berada di Kecamatan Sungai Tarap, dan bermalam.

Dipagi Jum’at (9/2/2018) sekira pukul 08.00 WIB, Presiden bertolak dari Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar menuju stadion Agus Salim Padang, dilanjutkan perjalanannya menuju Danau Cempago Padang, berjumpa dengan wartawan se-nusantara dalam rangka hari puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, di pusatkan di Danau Cempago Padang tersebut. Selanjutnya juga dilakukan peninjauan Mesjid Raya Sumbar, serta groundbreaking Tol Lintas Sumatera di By Pass, dan kembali bertolak ke Jakarta. Saptarius