Salurkan Bansos PKH, Bupati Hendrajoni: Jangan Digunakan Untuk Beli Rokok dan Hape

140

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program perioritas nasiona yang menjadi “center of excellence” penanggulangan kemiskinan, mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan nasional.

PKH memiliki misi mendukung target penurunan angka kemiskinan 7-8 % yang tercantum dalam RPJM Nasional. Selain itu, misi PKH juga mendukung target penurunan kesenjangan (gini ratio) melalui perluasan akses layanan kesehatan, pendidikan dan layanan kesejahteraan sosial.

Terkait hal ini, Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni melakukan kunjungan kerja penyaluran Bantuan Sosial Tahap I PKH di Kecamatan IV Jurai. Kegiatan ini berlangsung di GOR. Zaini Zein Painan, Jum’at (23/02/2018).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan pada tahun 2017 Kabupaten Pesisir Selatan sudah menyalurkan Bansos kepada 11.018 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 15 Kecamatan. Dipaparkan, tahun 2018, Pemerintah Pusat berencana akan mencairkan Bansos PKH sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat dan dibagi dalam 4 tahap penyaluran.

“Pada kunjungan kerja di kecamatan IV Jurai, penyaluran bantuan sosial tahap I disalurkan sebanyak 736 KPM, kita menargetkan penyaluran Bansos Tahap I di Pesisir Selatan tuntas”, ungkap Hendrajoni.

Bupati berpesan kepada KPM agar dana bantuan tidak digunakan untuk hal-hal konsumtif, seperti membeli rokok, pulsa atau hp. Dan kepada anak-anak yang mendapat bantuan siswa berprestasi agar fokus menyelesaikan jenjang pendidikan, mengembangkan potensi diri dan disiplin.

Selanjutnya kepada Tenaga Pelaksana PKH melakukan pendampingan secara ikhlas dan selalu hadir mengedukasi masyarakat. Dan kepada Bank Mandiri sebagai penyalur dana PKH agar selalu bersabar dalam mengedukasi masyarakat untuk pelayanan kepada KPM.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota VII DPR RI, H.M. Asli Chaidir, Pejabat perwakilan dari Kemensos RI, GRM. Suryo Darsono, Ketua dan Angoota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Pimpinan Bank Mandir dan sejumlah Kepala OPD serta Wali Nagari se- Kecamatan IV Jurai.

Bupati mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam program ini, karena sebagai bentuk kesamaan gerak dan langkah dalam pengentasan kemiskinan.

“Saya berharap kiranya program ini mampu menjawab tantangan dalam upaya pengentasan kemiskinan secara terpadu, berkelanjutan dan memiliki hasil yang optimal di Kabupaten Pesisir Selatan” pungkasnya. Rls/Rega Desfinal

-ADMIN-