Sukseskan Pilkada, Gubernur Irwan Prayitno Minta Semua Pihak Jaga Keamanan

177

JURNAL SUMBAR | Padang – Kita mesti menciptakan rasa aman di Sumatera Barat dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 di Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang dan Kota Sawahlunto.

Hal ini disampaikan Gubernur Irwan Pratyitno dalam acara Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Barat, di Gubernuran, Selasa (13/2/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Wagub Nasrul Abit, Ketua DPRD yang diwakili Arkadius Dt. Intan Bano, Kapolda, Danlantamal, Danrem 032 Wirabraja, Kajati, Danlanut, BIN, dan Kepala Kesbang Linmas.

Gubernur Irwan Prayitno lebih lanjut menyampaikan, melihat dari pengamatan sementara, proses pilda di Sumatera Barat berjalan dengan aman, tidak ada gejolak yang berarti.

Namun tentu harus tetap menjalankan fungsi tugas masing-masing, memonitoring, mengawasi, deteksi dini agar tidak terjadi hal-hal yang diluar perkiraan yang bisa mengancam rasa aman, dan nyaman dalam masyarakat.

Pillkada amat sangat memiliki sarana konflik, baik antar kandidat maupun antar pendukung dan masyarakat. “Oleh karena itu kesiapan aparat keamanan dan instansi terkait agar bekerja secara bersungguh-sungguh,” tegas Irwan Prayitno.

“Jangan kita lalai, yang bisa terjadi resiko yang dapat merepotkan dan mencemari rasa aman di Sumatera Barat,” tegas Irwan lagi.

Dikatakannya, rasa aman amat dibutuhkan di Sumatera Barat dalam memajukan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat. “Rasa aman juga kita butuhkan dalam menarik orang berinvestasi dan berusaha di Sumatera Barat,” ungkap Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, rapat dengan Forkopimda ini akan digelar minimal satu kali sebulan, namun bisa saja lebih jika ada kebutuhan terhadap persoalan daerah.

Rapat Forkopimda ini nanti akan dikelolanya secara terus menerus oleh Kesbang, sesuai tugas pokok dan fungsi dalam menjaga stabilitas keamanan, kenyaman hidup masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Rapat Forkopimda ini juga merupakan wadah yang baik dalam mengkoordinasikan pemecahan, solusi persoalan di tingkat pimpinan daerah dalam menentukan sikap dan kebersaman memajukan Sumatera Barat, terang Irwan Prayitno. rilis