Temukan Sarang Penyu, Dua Nelayan Padang Dapat Hadiah dari Menteri Susi Pudjiastuti

313
Ishak dan Lukman nelayan penemu sarang penyu diberi hadiah jaring udang oleh Menteri Susi Pudjiastuti. Ist.

JURNAL SUMBAR | Padang – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberi reward kepada dua orang nelayan yang menemukan sarang penyu di pantai di belakang hotel Pangeran Beach, Padang, Sabtu (10/2-2018). Kedua nelayan tersebut dibelikan jaring udang oleh Menteri Susi Pudjiastuti sebagai hadiah.

Kepada kedua nelayan yang menemukan sarang penyu tersebut bernama Ishak dan Lukman. Dan, kepada mereka Menteri Susi berharap supaya terus menjaga sarang-sarang penyu di sekitar pantai tersebut, kalau ditemukan lagi ada penyu bertelur.

Seperti diberitakam sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti temukan sarang tukik yang lokasinya persis di belakang hotel Pangeran Beach di Padang, Sumbar, Sabtu, 10 Februari 2018. Anak penyu jenis lekang pemakan segala (omnivora) itu lalu dilepas ke Samudra Hindia.

Kisahnya bermula ketika sedang asyik berolahraga pagi, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Brahmantya Satyamurti mengabari kalau ada dua nelayan yang sedang menemukan tukik yang baru saja keluar dari sarangnya di belakang hotel Pangeran, tempat Menteri Susi dan rombongan menginap.

Menteri Susi lantas bergegas menghampiri. Ternyata di dalam sarang terdapat 74 butir telur penyu lekang yang gemar memakan ubur-ubur itu baru saja menetas. “Ini menandakan biomas laut kita terbukti membaik seperti dirilis Universitas Santa Barbara di Amerika Serikat bahwa biomas kita naik hampir dua kali lipat,” ujar Menteri Susi.

Sehari sebelumnya, Menteri Susi juga meninjau tempat konvervasi penyu di Pasir Jambak, sekitar lima kilometer dari Kota Padang. Menteri berpesan pada manajer hotel Pangeran agar pantainya dijaga, sampah-sampahnya dibersihkan dan dilakukan kegiatan pelestarian penyu di sekitar pantai tersebut. Tim Pusdatin KKP