Tingkatkan SDM Mahasiswa, Unitas Padang Gelar Workshop Public Speaking

302
Arita Feni, Pemateri sedang menerangkan pentingnya Publik Relation

PADANG (jurnalsumbar.com) – Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) mahasiswa, Universitas Tamansiswa Padang menggelar “Workshop Public Speaking” dengan mengangkat tema ‘melejitkan potensi mahasiswa jaman now dengan public speaking‘, Jumat (2/2/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Prof Haryono Suyono tersebut menghadirkan tiga nara sumber yakni Siti Khairani Elhakim, Arita Feni dan Novi Elian.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang, Dr. Ir. Jamilah, MP mengatakan, agar kata-kata yang disampaikan dapat menarik perhatian orang lain kuncinya adalah kalimat pertama dalam berkomunikasi harus menggoda.

“Kata pertama harus menggoda, bahasa yang kita sampaikan harus tertata dengan baik,” sebutnya.

Dijelaskan, dengan komunikasi yang tertata, ide atau produk yang ingin disampaikan atau dipasarkan dapat lebih mudah diterima oleh pasar.

“Produk yang kurang bagus saja jika dipoles dengan bahasa yang baik akan membuat orang tertarik untuk membeli,” tambahnya.

Kaprodi Agribisnis Unitas Padang, Syahrial, SP, MSi

Ia juga menambahkan, selain publik speaking, mahasiswa juga harus menguasai publik writing. Keduanya memiliki peran yang sangat penting, karena menyampaikan ide dan produk tidak hanya melalui lisan tetapi juga melalui tulisan.

“Keduanya harus dikuasai dengan baik,” tambahnya.

Ia juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa agribisnis, karena meski prodi baru tetapi dalam berinovasi sangat luar biasa.

” Saya sangat mengapresiasi, meski prodi baru agribisnis yang inovasinya luar biasa,” sebutnya.

Ketua Panitia sekaligus ketua Himpunan Mahasiswa Agribisnis Unitas Padang, Muhsin Efri Yanto menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari mahasiswa yang menilai masih terdapat kekurangan dalam tata cara berkomunikasi.

Disampaikan, inisiasi mahasiswa tersebut langsung mendapat tanggapan serius dari Ketua Program Studi Agribisnis, Syahrial yang mengomunikasikan dengan pihak kampus.

“Alhamdulillah pihak Unitas juga memberikan tanggapan positif, bahkan ikut membantu dalam anggaran kegiatan,” tambahnya.

Disebutkan juga kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian program kerja Himagri Unitas Padang periode 2017-2018. Agenda lainnya yang akan dilaksanakan di antaranya Himagri Goes to School yang juga dilepas keberangkatannya secara simbolik hari ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Kaprodi Agribisnis Unitas Padang, Syahrial, SP, MSi. Dikatakan, pada umumnya mahasiswa itu memiliki banyak ide, namun rasa percaya diri yang kurang menyebabkan ide tersebut tidak tersampaikan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melejitkan potensi mahasiswa yang terpendam tersebut,” sebutnya.

Dekan bersama duta agribisnis Unitas Padang

Dijelaskan, public speaking merupakan sebuah kopetensi dasar yang harus dimiliki mahasiswa agar apa yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh orang lain. Kegiatan yang melatih ‘softskill’ mahasiswa tersebut juga mendapat dukungan Universitas Tamansiswa.

Sementara itu terkait Himagri Goes to School, ia menyampaikan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesolitan mahasiswa prodi Agribisnis sehingga tidak hanya mengikuti perkuliahan namun harus memiliki kemampuan lainnya.

“Kegiatan tersebut melatih ‘softskill’ mahasiswa dalam manajemen organisasi,” sebutnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa dapat lebih mengembangkan kemampuan dan juga menelurkan ide-ide yang lain untuk meningkatkan kualitas SDM Mahasiswa.[riyan]