Tol Padang – Pekanbaru, Jokowi: Orang Riau Bisa Sampai di Keindahan Ranah Minang Dalam Tiga Jam

4894
Presiden Jokowi di titik nol jalan tol Padang - Pekanbaru. Ist.

JURNAL SUMBAR | Padang – Dari Padang ke Pekanbaru saat ini ditempuh dalam sembilan jam perjalanan. Jalan tol akan memangkas waktu tempuh itu hingga tinggal sekitar tiga jam saja.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo di akun fesbuknya, Minggu (11/2-2018). Disampaikan, hari Jum’at kemarin (9/2-2018), Presiden Jokowi meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu. Panjangnya 244 kilometer dengan biaya pembangunan Rp78 triliun.

Juga dijelaskan, di ruas jalan tol Padang – Pekanbaru ini juga akan dibangun beberapa terowongan yang panjang totalnya hampir sembilan kilometer, menembus perut pegunungan Bukit Barisan. “Ini akan jadi terowongan terpanjang di Indonesia, biayanya saja sembilan triliun rupiah!,” sebut Jokowi.

Lebih lanjut dijelaskan, jalan tol Padang-Pekanbaru akan menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing. “Bila rampung di tahun 2023, jalan tol ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap perekonomian Sumatera Barat dan sekitarnya,” ujar Jokowi lagi.

“Bukan hanya soal pengangkutan produk-produk, tapi juga memudahkan akses wisatawan ke keindahan Sumatera Barat yang begitu lengkap: religi, budaya dan alamnya,” pungkasnya. Enye