Wabup Arrival Boy Tanam Kurma di Masjid Istiqlal Muaro Sijunjung

154

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 30 batang pohon kurma ditanam oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy, didampingi oleh Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta pengurus di halaman Masjid Istiqlal Muaro Sijunjung, Jum’at (23/2/2018).

Wabup Arrival Boy sangat mengapresiasi sekali ditanamnya pohon kurma ini. “Mudah-mudahan Allah mengizinkan korma ini tumbuh di tanah kita Kabupaten Sijunjung ini hendaknya,” kata Wabup.

“Kalau kurma ini tumbuh dan berbuah, berarti bisa juga nanti kita menanam dihalaman rumah kita masing – masing,” harapnya.

Wabup menambahkan, ini suatu kebanggan juga bagi kita, pohon kurma yang tumbuhnya biasa dipadang pasir, sekarang bisa tumbuh di tempat kita ini, pohon kurma ini juga memperindah Masjid Istiqlal ini nantinya.

Salah seorang dari pengurus Mesjid Suhatril, S. Pd, menjelaskan kepada Jurnal Sumbar, bahwa pohon kurma ini disumbangkan oleh tokoh masyarakat, H. Zulkifli Ramawai sebanyak 30 batang. “H. Zulkifli ini adalah warga Sijunjung yang sekarang tinggal di Kota Padang”. Terangnya.

H. Zulkifli Ramawi yang juga berada di Masjid Istiqlal ini juga membenarkan bahwa pohon kurma ini telah disumbangkan. Ia juga menjelaskan bagai mana proses dari biji korma sampai hidup dan telah menghasilkan buahnya.

“Penanaman dari Biji sampai bisa ditanam ditanah ini sekitar 1,5 tahun lamanya, bibit yang di tanam ini berasal dari tiga negara dan jenis yang berbeda, yaitu dari Madinah Arab Saudi jenis nya adalah Ajwa, di Tunisia jenisnya Ilwa dan di Mesir jenisnya adalah Unix,” katanya.

“Setelah dipindahkam ke tanah, biasanya korma ini berbuah antara 5 – 10 tahun, ada juga yang lebih, itu semua tergantung dari perawatannya nanti,” tambahnya.

H. Zulkifli Ramawi juga menceritakan bahwa, telah menanam kurma ini di beberapa Masjid di Padang, Payakumbuah dan Sijunjung ini, diantaranya adalah Mesjid Raya Pasa Gadang, Masjid Nurul Iman, Masjid Raya Ganting, Masjid Taqwa, Masjid Mariam, Masjid Amal, Masjid Almunawarah dan Masjid Al Insan semua di Kota Padang, Masjid Taqwa dan Masjid Istiqlal di Muaro Sijunjung, serta Masjid Kubang di Payakumbuah.

Setiap Masjid yang telah ditanam pohon korma ini berbeda-beda, antara 3 sampai 7 batang pohon kurma, tapi di Masjid Istiqlal Muaro Sijunjung ini terbanyak yang disumbangkan oleh H. Zulkifli ini, yaitu 30 batang pohon kurma.

H. Zulkifli juga telah menanam banyak pohon kurma di rumahnya yang beralamat Jalan Parak Pengambiran No 11, Gang Sehati Kota Padang. “Bagi yang berminat dan ingin mencoba menanam pohon kurma ini, bisa lansung menghubungi ke alamat rumah ini,” katanya. Andri Kampai