Wabup Arrival Boy Tebar 7.500 Bibit Ikan Nila Nirwana di Batang Kulampi Sinyamu

303

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Untuk meningkatkan produksi budidaya ikan di Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, Pemkab Sijunjung terus menebar benih ikan di berbagai perairan yang ada di daerah tersebut.

Minggu lalu (11/2/2018), setidaknya ada 7.500 ekor benih ikan jenis nila nirwana ditebar di Batang Kulampi, Nagari Sinyamu, Kecamatan Tanjung Gadang yang dijadikan sebagai lubuk larangan.

Penebaran bibit benih ikan jenis nila nirwana itu dilaksanakan Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, yang disaksikan Kapolsek Tanjung Gadang, Iptu B Mendropa dan unsur kecamatan Tanjung Gadang serta Walinagari Sinyamu.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Sijunjung, Ir. Yulizar, melalui Kabid Perikanan, Ir. Sutarto kepada Jurnal Sumbar, Senin (12/2/2018) membenarkannya. “Ya, sudah ditebar sebanyak 7.500 benih ikan di Batang Kulampi Nagari Sinyamu,” kata Sutarto.

Disebutkannya, jenis ikan nila nirwana tersebut merupakan jenis ikan baru. “Dengan adanya penebaran benih ikan tersebut diharapkan ikan yang ada di sungai tersebut juga dapat berkembang biak secara alami. Seperti ikan baung, gurami, kapiek, gariang dan jenis ikan sungai lainnya,” jelas Sutarto.

Batang Kulampi Nagari Sinyamu itu sejak penebaran benih ikan tersebut sudah resmi jadi lubuk larangan. “Ada baiknya ikan tersebut dibongkar setelah berumur setahun supaya ikan-ikan di sungai pada keluar,” saran Sutarto. Saptarius