Yuliandre Darwis Motivasi Alumni Rangkaian Baru Wisuda UNPAD

254
Yuliandre Darwiz (Ist.)

JURNAL SUMBAR | Bandung – Ketua Komisi Penyiaran Indoneisia Pusat Yuliandre Darwis, menjadi perwakilan alumni Unpad percontohan pada wisuda gelombang ke-2 di Graha Sanusi Unpad Bandung, (6/2/18).

Pada program baru dalam rangkaian wisuda ini, Yuliandre kesempatan memberikan pidato masukan dan pandangan di hadapan wisudawan Unpad, yang terdiri dari lulusan Program Diploma-III, Diploma IV, Program Sarjana, Pendidikan Spesialis, Profesi, Magister dan Doktor.

Program baru dalam rangkaiaan wisuda ini betujuan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para wisudawan yang baru saja menamatkan studi di Universitas Padjadjaran, hal ini diungkapkan oleh Rektor Unpad Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad pada pidato pembukaan wisuda.

Dalam pidatonya Yuliandre memaparkan bahwa tantangan dunia pekerjaan saat ini sangat kompetitif, dimana era digital telah banyak mengubah banyak model bisnis, banyak peran manusia digantikan dengan sebuah mesin atau digital, yang artinya ada pengurangan lapangan pekerjaan, tapi di sisi lain ini akan melahirkan banyak inovasi baru yang bisa membuat lapangan pekerjaan yang baru yang dipicu oleh inovasi dari kaum millinials.

Sampai saat ini, dari 10 negara anggota ASEAN diperkirakan jumlah penduduknya mencapai 625 juta dan 23% nya adalah generasi millennials dari Indonesia, ini menjadi angka yang sangat besar dengan tantangan yang besar pula. Serta akan menjadi poin postitif jika generasi millenials di Indonesia mempunyai kompetensi yang baik.

“Banyak tantangan masa depan yang harus ditaklukkan. Kita, sebagai generasi millenials atau yang disebut “zaman now”, mempunyai banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya. Sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, baik dari segi semangat, motivasi, pekerjaan dan idealisme.” ujar Yuliandre dalam pidatonya.

Pada akhir pidatonya Yuliandre berpesan sebagai Alumni Unpad, agar lulusan Unpad bisa membawa nama baik Unpad di kancah dunia pekerjaan baik Nasional dan Internasional. “Lulusan Unpad jangan hanya bekerja untuk mencari uang, tapi carilah ilmu pengetahuan, pengalaman, relasi, dan kesempatan setinggi-tingginya,” pungkasnya. rilis