30 Pejabat Pemkab Sijunjung Ikuti Diklat Pim IV

393

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sijunjung gelar Diklat Kepemimpinan Tingkat IV di lingkup Pemerintah Kabupaten Sijunjung, di Aula SKB Muaro Sijunjung, Senin (26/3/2018).

Acara yang dibuka Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy ini, juga dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Barat, Rosman Effendi, SE, SH, MM, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh undangan lainnya.

Acara ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Wakil Bupati didampingi Kepala BPSDM Prov Sumbar, Kepala BKPSDM Kabupaten Sijunjung yang dikalungkan kepada perwakilan dari peserta.

Diklat kepemimpinan tingkat IV ini diikuti oleh 30 peserta, dilaksanakan satu angkatan yang dimulai, Senin 26 Maret sampai Jum’at 13 Juli di SKB Muaro Sijunjung.

Wabup Arrival Boy dalam sambutannya menyampaikan, pejabat eselon IV yang memiliki kompetensi kepemimpinan sangat diperlukan dalam upaya mendukung tugasnya, terkait posisinya di pemerintahan, pembangunan dan pengabdiannya kepada masyarakat secara berkelanjutan.

Untuk itu Wabup berpesan kepada peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, agar mengikuti diklat ini sebaik baiknya, bukan hanya persyaratan saudara menduduki jabatan saja, namun ini adalah proses belajar mengajar untuk memberi wawasan kedepan.

“Gunakan kesempatan ini dengan seoptimal mungkin, dengan bersikap proaktif, dengan penuh kedisiplinan serta ketekunan, manfaatkan setiap waktu dan kesempatan yang tersedia untuk menyerap ilmu yang diberikan oleh Narasumber nanti,” harapnya.

Serta harap Wabup, bangun komunikasi dan kerjasama dengan kompak secara intensif antara atasan dan bawahan, tingkatkan kerjasama antara pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung yang lebih baik dimasa yang akan datang dan bangunlah pola budaya kerja yang lebih profesional dari sebelumnya.

Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Sijunjung Drs. Musprianti menyampaikan dalam laporannya bahwa Diklat PIM IV ini bertujuan untuk membentuk Kompetensi kepemimpinan pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan pada OPD masing masing peserta.

Ia menambahkan bahwa, peserta diklat ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari, Sekretariat Daerah 5 orang, Sekretariat DPRD 1 orang, BKAD 1 orang, Dinas Nakertrans 1 orang, BKPSDM 1 orang, Dinas Kesehatan 2 orang, Dinas Kominfo 1 orang, Dinas Pangan dan Perikanan 1 orang, Dinas PU dan PR 1 orang, Dinas Penanaman Modal 1 orang, Dakperinkop dan UKM 1 orang, Dinas Perhubungan 1 orang, Dinas Perkim lH 3 orang, Dinas Sosial 1 orang, Kecamatan 7 orang, RSUD 1 orang dan BPBD 1 orang.

Serta tambah Musprianti, Kurikulum diklat PIM IV ini yaitu, diagnosa kebutuhan perubahan organisasi (on campus) selama 12 hari, tahap taking ownership (off campus) selama enam hari, tahap merancang perubahan dan membangun tim (on campus) selama 18 hari, tahap laboratorium kepemimpinan(off campus) selama dua bulan dan tahap evaluasi(on campus) selama lima hari, tambahnya lagi.

Tenaga pengajar /widyaswara adalah berasal dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Barat dan pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Selama dalam pelaksanaan PIM IV ini peserta diberikan Fasilitas seperti Akomodasi, Konsumsi berupa sarapan pagi, makan siang, makan malam, Sanck pagi dan sore, serta perlengkapan pembelajaran berupa ATK, Foto Copy modul pembelajaran, Terang Musprianti. Andri Kampai.