48 Peserta Didik BLK Sijunjung Ikuti Uji Kopetensi LSP Kementerian Tenaga Kerja

255

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Setelah mengikuti pelatihan selama 240 jam, akhirnya Senin (19/3/2018) sebanyak 48 peserta didik Balai Latihan Kerja (BLK) Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat mengikuti uji kopetensi. Uji sertifikasi itu dilaksanakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kementerian Tenaga Kerja Indonesia.

“Pagi ini (Senin, 19/3/2018-red) peserta pelatihan BLK mengikuti uji kopetensi itu, melaksanakan uji teori dan pada siangnya uji praktek,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Sijunjung, Riky Mainaldi Neri, S.STP, MSi kepada Jurnal Sumbar, di sela-sela meninjau tes uji setifikasi LSP itu.

Ke-48 anak didik BLK Sijunjung mengikuti pelatihan sejak 29 Januari dan berakhir 13 Maret 2018. “Nah, pada hari ini mereka mengikuti uji kopetensi setelah mengikuti pendidikan selama 240 jam,” kata Riky.

Disebut Riky, ke-48 anak didik BLK Sijunjung yang mengikuti uji kopetensi itu terdiri dari jurusan Teknisi HP sebanyak 16 peserta, diantaranya 4 siswa putri. Peserta jurusan HP ini memahami tentang service, pengenalan dan hp.

Selain itu, jurusan jurusan Drafter (gambar bangunan) menghitung RAB, perencanaan dan desain bangunan ini diikuti 16 peserta, dan 3 orang peserta putri. Serta jurusan listrik 16 peserta dan 1 peserta putri dengan rangkaian yang di uji rangkai listrik.

Penguji peserta BLK Sijunjung itu berasal dari LSP Kementerian Tenaga Kerja RI. Mereka adala Lili Febrina, SPd (Listrik), Lastuti, SPd (HP) dan Eli Yarni, AMd penguji Gambar Bangunan.

“Bagi yang lulus akan memperoleh sertifikat nasional dan 12 orang diantaranya akan ditempatkan kerja di Batam dibagian listrik,” kata Kadis Naker Sijunjung itu menambahkan. Saptarius