Banyak Rusak, Wabup Arrival Boy Desak Pemprop Perbaiki Jalan Provinsi di Sijunjung

168

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kondisi ruas jalan propinsi di Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat banyak yang rusak. Tak ayal banyak pengendara menggerutu dibuatnya. Bahkan Wakil Bupati (Wabup) Sijunjung, Haji Arrival Boy, SH, minta pada Pemprop untuk segera memperbaikinya.

Kondisi ruas jalan propinsi banyak rusak itu sudah berlangsung cukup. “Nah, karena kondisi jalan di propinsi banyak yang rusak, untuk itu kami mohon untuk di percepat pengerjaannya,” kata Wabup Sijunjung, Haji Arrival Boy, SH kepada Jurnal Sumbar, Rabu (21/3/2018).

Bahkan Wabup tak menapik, akibat jalan rusak itu banyaknya kendaraan roda dua kecelakaan d jalan rusak tesebut. “Setidaknya itu fakta yang terjadi dilapangan, akibat jalan rusak itu banyak pengendara kenderaan mengalami kecelakaan,” kata aktivis 1998 itu berkeluh.

Akibat banyak jalan rusak dan transportasi acapkali terjadi terganggu. Bahkan tak jarang masyarakat berkeluh kesah dan mangarutuk dan melempiaskan kekesalan dan menyudutkan Pemkab Sijunjung. Padahal jalan yang dilintasi mereka dari simpang Tanah Badantung menuju Tanjungampalu itu merupakan jalan propinsi.

Wabup pun tak menapik, akibat jalan rusak itu ada kendaraaan yang rusak. “Karena jalan yang jelek, tentu saja banyak warga yang mengeluh dan menjadi lampiasan rutukan selalu Pemkab Sijunjung. Apalagi jalan itu dilewati warga setiap hari, baik dari dan ke Batusangkar, Payakumbuh dan Bukittinggi serta ke Pekanbaru,” jelas Ketua DPD Partai Golkar Sujunjung itu.

Dijelaskan Wabup, jalan tersebut jalan propinsi dan tentunya perbaikannya juga menjadi kewenangan propinsi. “Untuk pemeliharaannya tentu tidak boleh di biayai oleh Pemkab Sijunjung, mengingat aturan2-aturan yang sudah baku. Kita terus mengkoordinasikan ini ke pihak propinsi melalui PU Kabupaten Sijunjung. Ya, biasalah, tentu jawaban-jawaban klise. Karena musim hujan dab sebagainya sering kali kita dengar,” beber Arrival Boy.

“Yang penting bagi masyarakat kita jalan ini harus bagus dan dapat mereka lalui dengan lancar. Kami berharap ini bisa tuntas dlm waktu dekat ini. Apalagi jalur ini adalah jalur yg dipakai oleh banyak pihak untuk menuju Batusangkar, Lintau, Payakumbuh, Bukittinggi dan Pekanbaru,” terang Arrival Boy.

Menurut Wabup Sijunjung yang peduli masyarakat itu, bahwa titik titik kerusakan jalan propinsi itu sangat banyak sekali. “Mestinya perbaikan jalan tersebut jangan menungu nunggu terlalu lama, sehingga kerusakannya terlalu banyak,” imbuhnya. Saptarius