Baznas Sijunjung dan Wabup Arrival Boy Bantu Bedah Rumah Kasirudin

329

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sijunjung serahkan bantuan rehab rumah sederhana kepada mustahik. Bantuan tersebut diserahkan Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy di Nagari Solok Ambah, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Rabu (28/3/2018).

Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung, H. Yusri yang didampingi Wakil Ketua Bidang Pendistribusian, Syamartizen Dt. Intan Batuah mengatakan, bantuan rehab rumah sederhana tersebut diserahkan berbentuk uang tunai yang diberikan kepada pemilik rumah, Kasirudin dengan nominal 6 juta rupiah.

“Bantuan yang diserahkan sejumlah Rp.6 juta. Kita serahkan langsung kepada keluarga Kasirudin di rumahnya, Nagari Solok Ambah, Kecamatan Sijunjung,” kata Yusri.

“Kasirudin dan istri serta dua orang anaknya ini tinggal di rumah yang berukuran 3×4 m dengan dinding serta lantainya dari papan dan tadir. Atapnya dari seng yang sudah banyak berlobang,” tambah yusri.

Kepada Jurnal Sumbar Yusri menjelaskan, program rehap rumah sederhana ini merupakan usulan dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Sijunjung. “Dana yang diserahkan berasal dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat yang telah menyalurkan zakatnya ke Baznas Kabupaten Sijunjung,” jelasnya.

“Diharapkan juga kepada keluarga Kasirudin, agar setiap selesai solat sertakan doa untuk muzaki yang telah menyalurkan zakatnya melalui Baznas. Do’akan selalu dalam lindungan Allah agar diberikan keberkahan terhadap rezeki dan hartanya. Supaya selalu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy menyampaikan, bantuan rehab rumah yang diterima ini agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. “Kita berharap pak Kasirudin beserta keluarga agar dapat memanfaatkan dan jangan disalahgunakan,” kata Wabup.

“Manfaatkan perkarangan yang ada untuk meningkatkan perekonomian keluarga, seperti membuat kolam ikan, menanam sayur – sayuran dan beternak, karena lahan di sini sangat potensial sekali untuk di jadikan pertanian dan beternak,” tambah Wabup yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (KMPKT) Kabupaten Sijunjung.

Pada Kesempatan itu, Wabup Arrival Boy yang didampingi Camat Sijunjung, Khalfian, Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung, Haji Yusri dan Syamartizen Datuak Intan Batuah, atas nama pribadinya juga berjanji akan memberikan bantuan 5 juta rupiah kepada keluarga Kasirudin.

Sementara itu Walinagari Solok Ambah, Idrus Hakimi dan Karang Taruna Kabupaten Sijunjung yang hadir pada acara tersebut, juga ikut berpartisipasi untuk memberikan sumbangan masing – masing 1 kodi seng.

Rencana pekerjaan rumah ini akan dimulai pada waktu dekat dan pembangunannya akan dikerjakan dengan gotong royong oleh Dinas Pol PP dan Damkar, Karang Taruna dan masyarakat setempat. Andri Kampai.