Bupati Hendrajoni akan Sulap Pasar Batang Kapas Jadi Pasar Semi Moderen

213
Bupati Hendrajoni saat bekunjung di Pasar Batang Kapas. Rega Desfinal

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni kunjungi Pasar Batang Kapas untuk percepatan pembanguan pasar semi moderen usai acara sertijab Camat Batang Kapas, Kamis (22/03/2018).

“Sebentar lagi kami akan membangun Pasar Batang Kapas menjadi pasar semi moderen dengan anggaran Rp6 miliar. Agar bangunan yang ada digunakan maksimal, maka pasar pagi yang ada akan dialihkan ke sana,” kata Bupati Hendrajoni ketika mengunjungi tersebut.

Selain itu, pedagang kaki lima di sekitaran Pasar Batang Kapas juga akan ditertibkan dan dialihkan ke bangunan yang akan dibangun.

“Pasar yang tertata akan menjadikan pengunjung nyaman. Selain itu, jika ada pengunjung dari luar daerah tentu akan takjub dengan keindahan pasar di Pesisir Selatan,” katanya lagi.

Bupati menambahkan, pembangunan pasar semi moderen menjadi salah fokus pembangunan pada daerah setempat.

Pada Tahun 2017 lalu, pihaknya membangun empat unit pasar, yaitu Pasar Koto Berapak di Kecamatan Bayang dengan anggaran Rp2,7 miliar, Pasar Painan dengan anggaran Rp600 juta, Pasar Kambang dengan anggaran Rp5,8 miliar dan Pasar Tapan dengan anggaran Rp2,7 miliar.

Sementara di tahun 2018, pihaknya akan membangun sembilan pasar lagi, yaitu Pasar Lunang di Kecamatan Lunang, Pasar Muara Sakai di Kecamatan Inderapura, Pasar Balai Salasa dan Pasar Labuhan di Kecamatan Ranah Pesisir, Pasar Cupak di Kecamatan Lengayang,

Selanjutnya, Pasar Lumpo di Kecamatan IV Jurai, Pasar Carocok Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pasar Batang Kapas di Kecamatan Batang Kapas serta melanjutkan pembangunan Pasar Tapan di Kecamatan Basa IV Balai Tapan.

Biaya pembangunan ke kesembilan pasar tersebut bervariasi mulai dari yang terkecil Rp500 juta hingga yang paling besar Rp.6 miliar rupiah. Rega Desfinal